Sumarsono Irup Hari Sumpah Pemuda

Sumarsono saat membacakan pesan MenporaSumarsono saat membacakan pesan Menpora

Manado-Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 87 tahun 2015 yang dilaksanakan di halaman kantor gubernur Sulut diwarnai berbagai kegiatan. Salah satunya pencanangan 3000 sekolah bakal miliki jaringan Internet Gratis pada tahun 2016 mendatang.

Penjabat Gubernur Sulut Dr Sumarsono MDM bertindak selaku Inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2015), saat membacakan sambutan tertulis Menpora Imam Nahrawi Gubernur mengatakan, peringatan sumpah pemuda kali ini bertemakan Revolusi Mental untuk kebangkitan pemuda menuju aksi “Satu Untuk Bumi”.

Tema ini didasari atas keprihatinan yang mendalam atas beberapa hal, tentang berubahnya pola relasi kemasyarakatan kita akibat derasnya arus mordenisasi dan kemajuan tehnologi informasi, yang diibaratkan pisau bermata dua. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan skill. Namun pada sisi yang lain membawa dampak negatif.

“Seperti informasi-informasi yang besifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas, hingga radikalisme dan terorisme masuk dengan mudahnya tanpa dapat kita bendung dengan baik,”ujar Sumarsono mengutip sambutan Menpora.

Oleh karena itu katanya, melalui revolusi mental yang di gagas Presiden Jokowi kita dapat menemukan relevansinya. Hanya dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, tangguh dan kokoh menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi.

Untuk itu Nahrawi berharap melalui revolusi mental, para pemuda Indonesia memiliki kemandirian untuk mengambil keputusan- keputusan terbaik secara jernih sesuai dengan akal sehat tanpa harus tergantung pada orang tua. (tim/sulutonline)