Gubernur dan JIPS Bantu Air Bersih Bagi Warga Meras

Penjabat Gubernur DR Soni Sumarsono bersama jajaran Pemprov serta JIPS saat menyalurkan kebutuhan ari bersih di MerasPenjabat Gubernur DR Soni Sumarsono bersama jajaran Pemprov serta JIPS saat menyalurkan kebutuhan ari bersih di Meras

Manado-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS), Jumat (30/10/2015) menyerahkan bantuan air bersih kepada warga Kelurahan Meras Kecamatan Bunaken Kota Manado.

Penyaluran air bersih ini dipimpin langsung Penjabat Gubernur Sulut Dr Sumarsono MDM yang didampingi sejumlah pejabat eselon II lingkup pemprov Sulut.
Sebelum penyerahan bantuan air bersih, Sumarsono bersama warga Kelurahan Meras berdialog langsung terkait dengan berbagai masalah di Kelurahan tersebut.

Saat berdialog beberapa pertanyaan warga dilontarkan langsung kepada Gubernur mulai dari kelangkaan air bersih akibat kemarau berkepanjangtan sehingga, terjadi kekeringan di sumber-sumber mata air, perbaikan jalan, penerangan lampu sampai sarana dan prasarana pendidikan berupa TK dan SD yang membutuhkan perhatian pemerintah.

Kesempatan itu Gubernur Sumarsono langsung menjawab keluhan warga akan segera ditindaklanjuti seperti dalam penyediaan air bersih pemprov akan menyumbang sumur bor dititik-titik yang memiliki sumber mata air.

Smentara untuk TK nanti Ketua TP PKK Sulut Ny Dra Tri Rachayu Sumarsono dalam waktu dekat akan membawa langsung bantuan perlengkapan TK termasuk seragam bagi siswa SD.

PKK Sulut nantinya akan menjadikan pilot projek untuk pendidikan disini, PU akan menuntaskan jalan setapak sepanjang 200 meter menuju pantai lewat APBD 2016 serta akan memberikan lampu solar sel atau pemasangan lampu jalan melalui aliran listrik yang ada.

"Yang pasti segala keluhan masyarakat akan kami tindaklanjuti dan segera direalisasi secepatnya, utamanya air bersih karena menjadi kebutuhan warga,"ungkap Sumarsono.

Sementara itu, Kepala Lingkungan tiga Kelurahan Meras, Andris Nontah mengucapkan banyak terima kasih ke Pempov Sulut dan JIPS yang telah melakukan aksi kemanusiaan pemberian air bersih secara gratis lewat Empat mobil tangki air.

"Kepedulian Pemprov melalui Pak Sumarsono memang benar-benar terlihat seperti saat ini dengan penyaluran bantuan air bersih, kami warga merasa diperhatikan oleh Pemprov. Sekali lagi atas nama warga Meras mengucapkan banyak terima kasih pak Sumarsono dan wartawan atas aksi peduli ini,"ungkap Pala Lingkungan dua ini.

Sebelumnya Koordinator JIPS Donny Aray mengatakan, jika kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial para jurnalis terhadap masyarakat. Harus diakui, saat ini kebutuhan masyarakat akan air bersih sangat mendesak.

"Air merupakan kebutuhan warga, tanpa air warga akan tersiksa," jelas Aray.

Diharapkan bantuan ini bisa menjawab kebutuhan warga meras akan air bersih yang selama ini cukup sulit diperoleh, semoga bantuan ini bisa bermanfaat, ungkap Aray yang juga selaku wartawan Kompas TV Manado. Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Jhon Palandung, Ketua Bappeda Roy Roring, Kaban Kesbang Edwin Roring, Kadis PU Ir Eddy Kenap, Kasat Pol PP Drs Maxi Lukas, Karo Pemerintahan dan Humas DR Jemmy Kumendong dan Karo Ekonomi Janne Mendur SE. (tim/sulutonline).