Gubernur Ingatkan Warga Waspadai Musim Penghujan

Sumarsono saat meninjau pegunungan Lokon waktu laluSumarsono saat meninjau pegunungan Lokon waktu lalu

Manado-Terkait dengan musim penghujan yang sejak pekan lalu sudah mulai membasahi wilayah Manado dan sekitarnya, Penjabat Gubernur Sulawesi Utara DR Soni Sumarsono MDM kepada awak media, Sabtu pekan lalu menghimbau bagi seluruh masyarakat Sulawesi Utara untuk lebih waspada dalam menghadapi musim penghujan kali ini.

Hal ini disampaikan Sumarsono mengacu dari keadaan Sulut sebelumnya yang diketahui bersama mengalami musim kemarau panjang (Elnino) sehingga membuat kontur tanah di sebagian besar wilayah Sulawesi Utara menjadi retak dan rapuh.

”Ya, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Sulawesi Utara untuk tetap meningkatkan kewaspadaan atas cuaca akhir-akhir ini yang mulai memasuki musim penghujan. Hal ini saya tekankan karena musim panas yang lalu telah membuat banyak retakan besar di wilayah Sulut, yang jika terkena air tentu akan berakibat longsor”ingat Sumarsono.

Lebih lanjut Sumarsono kepada awak media menyatakan bahwa dirinya sudah menginstruksikan kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Sulut Ir Noldy Liow untuk meningkatkan kekuatan personil dan peralatan guna mengantisipasi perubahan cuaca kedepan di Sulut.

Menutup pembicaraan tersebut Sumarsono meminta kepada seluruh warga Sulawesi Utara untuk tetap menjaga lingkungan masing-masing termasuk kebersihan lingkungan sembari melarang keras penebangan liar yang dapat menyebabkan bencana banjir. (tim/sulutonline)