Arnold Mononutu dan Bataha Santiago Diusul Jadi Pahlawan Nasional

Semina Nasional ketokohan dan karya luar biasa calon Pahlawan Nasional Arnold Mononutu dan Bataha SantiagoSemina Nasional ketokohan dan karya luar biasa calon Pahlawan Nasional Arnold Mononutu dan Bataha Santiago

Manado-Pejabat Gubernur Sulut Dr Soni Sumarsono mendesak agar pemerintah pusat melalui Kementrian Sosial RI mengabulkan aspirasi masyarakat dan Pemprov Sulut terkait pengusulan Arnold Mononutu dan Bataga Santiago, diberi anugerah gelar sebagai Pahlawan Nasional.

“Jika usulan ini disetujui, maka Pemprov Sulut ketambahan 2 orang menjadi pahlawan nasional. Mudah-mudahan tahun depan usulan ini disetujui, agar genap menjadi 10 orang yang diberi gelar sebagai pahlawan nasional. Sebelumnya sudah ada 8 orang,”terang Sumarsono dalam Seminar Nasional Ketokohan Calon Pahlawan Nasional, pada Jumat, (06/11/2015) siang, di Aryaduta Hotel Manado.

Berdasarkan UU Nomor 20 tahun 2009, tentang: Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, yang dimaksud dengan Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada WNI atau seseorang yang berjuang melawan penjajah di wilayah yang sekarang menjadi wilayah NKRI, yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Seminar Nasional yang mengkaji dan menelaah kiprah dan eksisitensi calon pahlawan Nasional yakni Arnold Mononutu dan Bataga Santiago, dihadiri Sejarawan Nasional Prof Dr Nina H Lubis,MS, Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Prov Sulut, Keluarga Besar A Monunutu dan Bataga Santiago, para Akademisi,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Forum Komunikasi Nusa Utara serta Pejabat Dari Kementerian Sosial RI.

Seminar ini, nantinya akan menghasilkan Rekomendasi, untuk diteruskan ke Dunia Intelektual dan Menteri Sosial RI, sebagai bahan kajian dalam rangka pengusulan Calon Pahlawan Nasional kepada 2 Tokoh tersebut.(tim/sulutonline).