Unima Dukung Empat Program Pemprov

Sumarsono  saat acara The 4Th International Seminar On Quality and Affordable Education yang di gelarSumarsono saat acara The 4Th International Seminar On Quality and Affordable Education yang di gelar

Manado-Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono MDM dalam sambutannya, saat membuka acara The 4Th International Seminar On Quality and Affordable Education yang di gelar Universitas Negeri Manado (Unima) di Hotel Arya Duta Manado, Rabu (11/11/2015) meminta agar Unima, tidak hanya mendukung, namun dapat dilaksanakan secara berlanjut semua program Pemprov Sulut.

Diketahui, Empat program prioritas Pemprov Sulut, yaitu Mari Jo Ka Manado, Gerakan Sulut Menanam (GSM), Gerakan Bersih Kuala (GeBeKa) dan Gerakan Sulut Berkarya (GSB).

“Unima sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi terbaik di Sulut tidak hanya mendukung gerakan yang berdimensi pendidikan ini, tapi juga harus bertanggungjawab,”ingat Sumarsono.

Mulai Kamis (12/11/2015) seluruh lapisan masyarakat termasuk Unima mulai action melaksanakan Gerakan Sulut Menanam yang dimulai dari pekarangan rumah, tempat-tempat Ibadah, perkantoran serta lahan dan perkebunan, termasuk dengan Gerakan Bersih Kuala dan laut, ujar Dirjen Otda kemendagri RI ini. Dimana, kepedulian terhadap lingkungan wajib untuk dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Saya juga yang bukan warga asli Manado, peduli dengan lingkungan yang bersih. Apalagi Unima, pastinya mampu mengimplementasikan program yang telah dicanangkan,”ujar Gubernur.

Dikatakan Sumarsono, bahwa investasi generasi yang selama ini tidak mendapatkan perhatian serius, dapat diperhatikan oleh Unima. “Pentingnya investasi generasi ini, sehingga tercipta kader-kader Unima yang profesional di bidang masing-masing,” tukas DR Sumarsono.

Dimana, faktor Edukasi akan meningkat apabila ada indeks pendidikan, kesehatan dan daya beli yang disebut dengan indeks development people. “Potensi daerah yang memiliki akses langsung dengan Negara seperti Philipina, dan menjadi kawasan perdagangan seperti KEK di Bitung, sehingga Sulut harus mampu menciptakan SDM yang handal. Apalagi, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” ajak Sumarsono.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur berjanji ingin memberikan kuliah umum di Kampus Unima. “Kalau Tuhan berkenan, saya berkerinduan untuk melakukan kuliah umum,” kunci DR. Sumarsono.

Sementara, Rektor Unima Prof DR Ph EA Tuerah MSi, DEA menyatakan, Empat program Pemerintah Provinsi Sulut yang telah dicanangkan Gubernur DR Soni Sumarsono MDM, mendapat dukungan penuh dari Unima.

"Sosok kepemimpinan DR Soni Sumarsono, bisa memberikan contoh yang baik kepada generasi-generasi yang dilahirkan dari Unima. Untuk itu, apa yang sudah menjadi program Pemprov Sulut, wajib untuk kami laksanakan. Sebab, sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat,” kata Rektor. (tim/sulutonline).