2016 Pos Lintas Batas Wilayah Laut Dibangun

Foto bersama Gubernur usai sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2015 Tentang percepatan  pembangunan 7 pos lintas batas negaraFoto bersama Gubernur usai sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2015 Tentang percepatan pembangunan 7 pos lintas batas negara

Manado-Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono MDM, saat pembukaan sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2015 Tentang percepatan pembangunan 7 pos lintas batas negara (PLBN) yang di gelar Badan Nasional Pengelola Perbatasan RI di Hotel Grand Puri Manado, Rabu (11/11/2015), mulai Tahun 2016 mendatang pos wilayah perbatasan laut akan dibangun.

Sumarsono mengatakan, Asisten Deputy (Asdep) bidang pengelolaan batas wilayah negara harus mengantisipasi adanya pemekaran di perbatasan di Sulut yaitu pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Talaud Selatan (Talsel) yang berada di wilayah perbatasan laut.

Ditegaskan, proses pembentukam Kabupaten Talsel telah melalui pertimbangan strategis nasional dan menjadi prioritas pemekaran, karena itu Asdep bersama instansi terkait pusat mulai sekarang mempersiapkan hadirnya PLBN disana.

Sumarsono yang juga pernah menjabat Asdep bidang pengelola PLBN BNPP menandaskan, kalau tahun ini pemerintah fokus membangun 7 PLBN di wilayah daratan di Indonesia.”Tahun depan kita akan fokus di wilayah perbatasan laut termasuk di Sulut. di pulau Marore Kabupaten Sangihe pos tersebut sudah ada, demikian dengan pulau Miangas, tak usah kuatir karena saat ini sedang di bangun bandara udara air streep,”ujar Dirjen Otda Kemendagri Ri ini, yang juga selaku pengagas lahirnya Inpres tersebut.
Sementara Asdep bidang pemgelolaan PLBN Imdra Purnama mengatakan, rapat sosialisasi ini di ikuti Kemteriam KKP, Kememdagri, Kememdag, PU, ESDM, Pemprov Kalbar, Pemkab Aruk, Pemkab Sangihe dan Talaud, Pemkab Sambas, Pemkab Kapuas Hulu, Sanggau dan Imigrasi Manado.

Turut hadir Ketua TP PKK Sulut Ny Tri Rachayu Sumarsono, Asisiten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung MSi dan Kepala BPPD Sulut Nixon Watung SH.(tim/sulutonline).