Istri Gubernur Sulut Salut Program Cerdas PKK Manado

KETUA TP-PKK Sulut Tri Rachayu Soemarsono dan TP-PKK Manado Paula Lumentut-Runtuwene, dalam kegiatan di Rumah Pintar, Bahu.( Foto Ist)KETUA TP-PKK Sulut Tri Rachayu Soemarsono dan TP-PKK Manado Paula Lumentut-Runtuwene, dalam kegiatan di Rumah Pintar, Bahu.( Foto Ist)

Manado-Ketua TP-PKK Sulut Tri Rachayu Soemarsono memuji dan salut dengan program cerdas yang dijalankan TP-PKK Manado di bawah pimpinan Prof Paula Lumentut-Runtuwene.

Dikatakannya, jarang ditemui di daerah ini bahkan di Indonesia, ada kegiatan yang dilakukan PKK untuk mencerdaskan anak bangsa dan melatih keterampilan ibu rumah tangga, berupa Pelatihan Menjahit dan Bahasa Inggris.

“Salut dengan kegiatan seperti ini,” ujar istri Penjabat Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono itu, saat menutup Pelatihan Menjahit dan Bahasa Inggris Angkatan V dan Pembukaan Angkatan VI di Rumah Pintar TP-PKK Manado, Kelurahan Bahu, pekan lalu.

Sementara Enci Paula—sapaan akrab Runtuwene—mengatakan bahwa kegiatan ini berlangsung selama 3 bulan dan diikuti puluhan peserta yang datang dari semua Kelurahan yang ada di Manado. “Ibu-ibu peserta kursus ini benar-benar semangat dan punya motivasi diri yang kuat untuk memiliki ketrampilan. Begitu juga anak-anak kita banyak yang ikut kursus Bahasa Inggris,” ujar istri tercinta Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL).

Menurut Enci Paula, keseriusan ibu-ibu untuk mengikuti pelatihan menjahit terbukti dari hampir sebagian besar ibu-ibu peserta, sama sekali belum memiliki ketrampilan menjahit. Tapi akhirnya dengan usaha keras untuk belajar dan berlatih terus mereka menjadi trampil menjahit dan siap menerima orderan menjahit.

“Jadi inti dari pelatihan ini adalah menolong ibu-ibu untuk dapat berperan meningkatkan pendapatan keluarga lewat usaha mandiri dirumah,karena menjahit menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan,” kata dia.

Program Rumah Pintar ini didukung sepenuhnya Pemkot Manado, khususnya Walikota GSVL. bahkan beberapa kali kegiatan TP-PKK, GSVL memberikan apresiasi serta penghargaan kepada PKK Manado yang secara nyata melakukan program-program ini dalam rangka mendukung program pemerintah khususnya bidang pendidikan.

“Pelatihan ini memberikan kesempatan seluas luasnya bagi masyarakat untuk menerima pendidikan yang intinya memperlengkapi anak-anak muda generasi penerus untuk mampu dan cakap berbahasa Inggris. Juga atas dukungan para donatur lainnya sehingga semua pelatihan yang dilakukan tidak dipungut bayaran hanya dituntut keseriusan peserta agar supaya tujuan pemberdayaan perempuan dan peningkatan pengetahuan untuk anak dan pemuda bagi penduduk kota Manado dapat tercapai,” kata Walikota GSVL dalam setiap kesempatan. (tim/sulutonline).