Kabar Gembira Bagi Warga Manado, Dana Korban Banjir Segera Dicairkan

WALIKOTA GSVL saat mensosialisasikan penyaluran dana bencana alam di Kelurahan Ternate Tanjung 17 November 2015 (Foto Ist)WALIKOTA GSVL saat mensosialisasikan penyaluran dana bencana alam di Kelurahan Ternate Tanjung 17 November 2015 (Foto Ist)

Manado-Ini tentunya informasi menggembirakan bagi seluruh warga Manado khususnya korban bencana banjir bandang pada 15 Januari 2014 lalu. Menyusul dana bantuan korban banner segera dilaksanakan Pemkot Manado.

Hal itu kemudian disampaikan Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) Selasa (17/11/2015) siang di Kelurahan Ternate Tanjung dalam kegiatan Sosialisasi Penanggulangan Bencana yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado.

GSVL pun menjelasan tentang proses pencairan dana korban banjir, dimana dana bantuan banjir sudah ada dan siap dicairkan untuk segera disalurkan kepada yang berhak menerima bantuan. ”Dana itu sudah ada tinggal disalurkan, saya harap warga tenang menunggu proses tersebut,” ujar Walikota GSVL yang langsung disambut aplaus warga yang hadir.

Lanjut GSVL, bahwa bantuan tersebut berasal dari BNPB Pusat dan proses penyalurannya di fasilitasi oleh Pemkot Manado. ”Proses penyalurannya dana tersebut, difasilitasi Pemkot Manado. Dana ini dikhususkan untuk warga yang rumahnya rusak akibat terkena bencana banjir bandang waktu lalu,” tutur GSVL.

Dalam penyalurannya nanti, Pemkot akan menunjuk konsultan melalui pelelangan yang akan bekerja sesuai tahapan penyaluran dana banjir dengan melihat situasi kondisi rumah korban banjir. ”Proses pengawasan akan dikontrol dan diawasi oleh Dekot Manado, perwakilan elemen masyarakat yang dipercayakan warga, dan tentunya diawasi langsung oleh masyarakat,” papar GSVL.

Diketahui, turunnya bantuan pemerintah pusat ini tak lepas dari kerja keras dan kerja cerdas Walikota GSVL dalam memperjuangkan bantuan bencana alam untuk seluruh daerah di Indonesia yang kena musibah bencana alam 2014 lalu.

Kepala BNPB Willem Rampangilei bahkan mengakui kecekatan GSVL dalam memperjuangkan bantuan bencana alam ini, sehingga akhira keluarlah Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 162/PMK.07/2015 tentang Hibah dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah Dalam Rangka Bantuan Pendanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana.

Tidak banyak orang yang tahu kalau keluarnya PMK ini sebagai hasil kerja keras dan kerja cerdas Walikota Manado GSVL, bersama Rampangilei yang saat itu masih menjabat Deputi Bidang I Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, serta BNPB. Jadi GSVL tak hanya pikirkan rakyat Manado, tapi juga berpikir untuk rakyat Indonesia yang kena musibah bencana alam.

“Saya ingat persis, dulu dengan Pak Walikota Manado GS Vicky Lumentut, kira-kira satu tahun yang lalu kami datang kepada Kementrian Keuangan untuk menyelesaikan masalah ini. Jadi Pak Vicky, kita bisa menyelesaikan apa yang kita mulai hampir setahun yang lalu. Jadi cukup, kalau kita lihat dalam rentang waktu ini kita menyelesaikan penyesuaian dan perubahan Peraturan Kementrian Keuangan yang baru, menurut saya itu cepat. Oleh karena itu kami sampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pak Walikota Manado dan juga pihak Kementrian Keuangan,” ungkap Rampangilei saat Rakor Penandatangan Perjanjian Hibah Daerah Bantuan Pendanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana TA 2015, di Jakarta, 6 Oktober 2015. (tim/sulutonline)