Peringatan HKN Sulut Diwarnai Pengobatan dan Pemberian Kacamata Gratis

Gubernur saat peringatan Hari Kesehatan Nasional tingkat Sulut di Langowan MinahasaGubernur saat peringatan Hari Kesehatan Nasional tingkat Sulut di Langowan Minahasa

Langowan- Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Pemprov Sulut yang dilaksanakan di Langowan, diwarnai dengan pengobatan gratis serta pemberian kacamata gratis bagi warga yang hadir.

Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono, saat menyampaikan sambutannya berkomitmen untuk terus meningkatkan derajat kualitas kesehatan di daerah ini.”Hal itu sejalan dengan program Nawa Cita butir kelima yaitu mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesejahteraan dan kesehatan,”terangnya.

Dikatakan, akselerasi pencapaian derajat kesehatan yang setinggi-tingginya, dilakukan dengan kerjasama, dari berbagai elemen penting mulai dari pemerintah, Kepala Daerah, Dunia Usaha dan Ormas.

Sementara Kadis Kesehatan Provinsi Sulut dr Jemmy M Lampus mengatakan, peringatan HKN yang jatuh setiap tanggal 12 November ini, kiranya dapat menjadi momentum yang tepat untuk menyampaikan kepada masyarakat di seluruh daerah Nyiur Melambai, untuk bangkit dan meninggalkan cara menjaga kesehatan yang kuratif menuju semangat prefentif dan promotif.

Lampus menambahkan, beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan di antaranya mengikuti pameran HKN tingkat nasional di Jakarta, bahkti sosial operasi katarak, skrining penyakit mata pada anak sekolah, donor darah dan senam sehat.

Kesempatan itu Gubernur telah menyerahkan Peraturan Gubernur No.13 Tahun 2015 Tentang Perubahan atas Pergub No. 83 Tahun 2008 Tentang UPTD dilingkungan Diunkes Sulut yaitu Balai Kesehatan Mata Masyarakat Menjadi Rumah Sakit Mata Provinsi Sulut yang diterima langsung Kepala Balai Kesehatan Mata dr Diana Watania. serta kesepakatan bersama Dinkes dengan Organisasi Keagamanan dan Dispertanak Sulut. (tim/sulutonline)