Sekitar 14 Triliun Dana DIPA Masuk Sulut

Sekdaprov Ir SR Mokodongan terima SK Dana DIPA dari GubernurSekdaprov Ir SR Mokodongan terima SK Dana DIPA dari Gubernur

Manado-Fantastis ! diperkirakan dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dari pemerintah pusat yang akan masuk ke Sulut tahun 2012 mendatang, mencapai 14 triliun rupiah.

“Angka ini meningkat sekitar Rp 2,5 triliun dibanding dengan tahun 2011 yang masih sementara berjalan,” terang Gubernur Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS) kepada wartawan usai acara penyerahan DIPA dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2012 di ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Kamis (22/12).

Terkait dengan itu, Gubernur menandaskan pelaksanaan anggaran bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan APBN akan dievaluasi setiap triwulan.“Evaluasi ini berkaitan dengan belanja modal atau barang berbentuk proyek atau APBN yang terserap di kantor-kantor wilayah. Yang pasti, semua akan dievaluasi,” tegasnya.

Menurut SHS evaluasi yang telah berjalan per semester atau Enam bulannya belum optimal. Karenanya evaluasi dilakukan setiap Tiga bulan berjalan. “Hal ini penting untuk melihat apa yang menjadi kendala dan dapat dilakukan perbaikan,” katanya.

Diungkapkannya, daya serap anggaran skala nasional dan daerah masih kurang dan sangat disayangkan hal seperti itu terjadi. “Saya tidak tahu persis angka serapan anggaran nasional. Kalau di Sulawesi Utara diperkirakan sekitar 30 persen serapan anggaran bersumber dari pemerintah pusat. Dan ini sangat disayangkan,” katanya seraya menambahkan serapan dana ke rakyat harus optimal , sebab jika tidak akan berdampak pada ekonomi daerah.

Sementara menurut Kakanwil DJPBN Provinsi Sulut Iskandar, mengawali penyerahan DIPA dan DPA kepada SKPD, instansi vertical dan kepada Bupati/Walikota, menyebutkan tahun 2012 mendatang Provinsi Sulawesi Utara kecipratan 571 buah Daftar Isian Pelaksanaan Anggran (DIPA).

Sedangkan DIPA Dekonsentrasi untuk SKPD Provinsi berjumlah 68 DIPA dengan nilai 394,5 M, diikuti DIPA Tugas Pembantuan untuk SKPD di Provinsi/Kabupaten/Kota berjumlah 114 DIPA dengan nilai 279,3 M, kemudian DIPA Urusan Bersama untuk SKPD Kabupaten/Kota berjumlah 18 DIPA dengan Nilai 196,1 M.

Untuk Dana transfer yang meliputi Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK), dana bagi hasil (DBH) dan dana penyesuaian sebesar 7,911 M (naik 28% dari tahun lalu 6.185).

Dana tersebut disalurkan kepada seluruh daerah melalui proses transfer langsung dari kantor pusat Ditjen Perbendaharaan selaku kuasa bendahara umum Negara ke rekening masing-masing pemerintah daerah.

Acara penyerahan DIPA dan DPA tersebut turut dihadiri Forkopimba Propinsi dan Kabupaten Kota serta kepada SKPD dan Intansi vertical yang ada di daerah. Khusus untuk DIPA Sekda Provinsi Sulut langsung diterima oleh Sekprov Ir. Siswa R Mokodongan. (Tim/sulutonline).

Hey! I could have sworn I've

Hey! I could have sworn I've been to this site before but after
checking through some of the post I realized it's new to me.
Anyways, I'm definitely glad I found it and
I'll be book-marking and checking back frequently!

Look at my web blog: [url=https://www.etias.com/]ETIAS Visa[/url]

These are genuinely

These are genuinely impressive ideas in on the topic of
blogging. You have touched some good points here. Any way keep
up wrinting.

I like the valuable

I like the valuable information you provide in your articles.
I will bookmark your weblog and check again here regularly.

I'm quite certain I will learn lots of new stuff right here!

Best of luck for the next!

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options