Lima Kali Jadi Kota Sehat, Pusat Berikan Penghargaan Pada Walikota GSVL

Foto bersama para penerima penghargaan di bidang kesehatan dari Pemerintah PusatFoto bersama para penerima penghargaan di bidang kesehatan dari Pemerintah Pusat

Manado-Ini tentunya patut diberikan apresiasi. Menyusul,Pemerintah Kota Manado menerima penghargaan Lima kali berturut-turut sebagi Kota Sehat Jumat (27/11/2015) malam di Hotel Bidakara Jakarta.

Walikota Manado DR G.S Vicky Lumentut sendiri didampingi Kadis Kesehatan Kota Manado dr Robby Mottoh menerima secara langsung penghargaan Kota Sehat dari Menteri Kesehatan RI Ny Nila Djuwita Moeloek dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 51.

Seperti diketahui bersama, Kota Manado terpilih sebagai salah satu Kota Sehat di Indonesia, dikarenakan memiliki Program Pro Rakyat seputar Pelayanan Kesehatan Gratis yakni Universal Coverage (UC), yang dirasakan sangat menyentuh dan membantu meringankan masyarakat Kota Manado.

Dengan hanya memiliki atau menunjukkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau Kartu Keluarga (KK), warga asli Kota Manado bisa dilayani secara gratis, baik di Puskesmas maupun 6 Rumah Sakit (RS Prof Kandouw Malalayang, RS Ratumbuysang Sario, RS Bhayangkara, RS Pancaran Kasih, RS Advent Teling, RS Siti Maryam Tuminting) dan Balai Kesehatan Mata yang ada di Ibukota Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) Kota Manado Ini.

Adanya profil program jitu yang diprakarsasi Walikota GSVL ini, mengundang perhatian dan minat sejumlah Media Nasional untuk mewawancarai GSVL yang juga Ketua Walikota se Indonesia.

Saat diwawancarai GSVL menyebutkan, semua penghargaan ini, dipersembahkan untuk wargaku di Kota Manado. Memang benar, Kota Manado sudah sejak empat tahun belakangan ini telah menerapkan pelayanan kesehatan gratis kepada warga masyarakat dengan nama UC atau Universal Coverage.

Itu diberlakukan hanya bagi warga asli Kota Manado, dengan hanya menunjukkan KTP atau KK warga tidak perlu keluar uang sepersenpun. Dan program ini terinspirasi karena melihat begitu banyak warga yang kurang mampu atau tidak menyangka, akan menderita sakit hingga memerlukan biaya jutaan bahkan ratusan juta rupiah.

“Semuanya ini kami Pemkot Manado anggarkan lewat pos APBD tiap tahunnya, dan ini syukur dan Puji Tuhan boleh mendapat apresiasi lewat penghargaan Kota Sehat tersebut. Tapi menurut saya, penghargaan Kota Sehat bukan segalanya, yang terpenting wargaku di Kota Manado bisa selalu Sehat. Karena badan yang Sehat, pasti akan mendatangkan Kecerdasan dan kesuksesan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Walikota GSVL yang dikenal low profile tersebut. (tim/sulutonline).