Direktur PLN Siap Mundur Jika Natal dan Tahun Baru Listrik Padam

Gubernur Soni Sumarsono didampingi Kadis ESDM Sulut Ir Marly Gumalag saat mendengarkan penjelasan pihak PLNGubernur Soni Sumarsono didampingi Kadis ESDM Sulut Ir Marly Gumalag saat mendengarkan penjelasan pihak PLN

Manado-General Manager (GM) PT PLN Persero Wilayah Suluttenggo Baringin Nababan melalui Manager Bidang Pembangkit, Mangapul Marbun menjamin berlangsungnya pelaksanaan Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2015 mendatang, pasokan listrik di Kantor KPU dan Bawaslu Provinsi dan seluruh Kantor KPU Panwaslu Kabupaten Kota se-Sulut tidak akan ada pemadaman, karena PLN telah menyiapkan genset masing-masing di kantor tersebut.

Marbun mengatakan, ketersediaan listrik dikantor pelaksana dan pengawas Pemilukada ini, agar bisa berjalan lancar.

Pernyataan ini disampaikan langsung kepada Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono MDM, Kamis (03/11/2015), saat melakukan sidak ke kantor Wilayah PLN Suluttenggo di jalan Bethesda Manado.

Marbun juga mengatakan, terkait dengan hari raya keagamaan Natal dan Tahun Baru, pihak PLN menjamin mulai tanggal 23 Desember listrik sudah tidak ada pemadaman lagi sampai seterusnya.

” Ini merupakan jaminan kami kepada masyarakat Sulut. Jika Natal dan Tahun Baru masih saja terjadi pemadaman, maka saya dan pak Nababan siap mundur, sebagai bentuk pertanggungjawaban kesalahan kami kepada warga,”tegas Marbun, sembari menambahkan, karena dalam waktu dekat ini, pasokan listrik di Sulut bakal ketambahan lagi sebesar 170 Mega Watt yang disuplay dari pembangkit listrik Gorontalo 50 MW dari 100 MW yang ada dan 120 MW dari pembangkit listrik terapung, yang nantinya akan ditempatkan di Teluk Amurang Kabupaten Minahasa Selatan.

Sementara itu, Gubernur DR Soni Sumarsono MDM kepada sejumlah wartawan mengungkapkan, sidak yang dilakukan di kantor Wilayah PT PLN Persero Wilayah Suluttenggo saat ini sebagai bentuk kepedulian terhadap aspirasi masyarakat di daerah ini karena pemadaman yang makin menggila beberapa bulan belakangan ini, membuat rakyat kecewa.

Sebenarnya GM PT PLN Suluttenggo sudah berjanji memasuki bulan Desembar ini, listrik tidak lagi ada pemadaman, namun sebaliknya sampai hari ini pemadaman bergilir di Kota Manado saja sudah membuat warga kecewa berat. “Tentu saya terbeban dengan masalah ini,”ketus Sumarsono sembari meminta Humas PLN lebih ramah lagi dengan wartawan agar masalah pemadaman listrik ini bisa tersosialisasi dengan baik kepada masyarakat.

“Tapi kalau begini Humas PLN hanya diam membuat pemerintah daerah ikut pusing menjelaskan kepada masyarakat,” ujar Dirjen Otda Kemendagri ini.

Namun demikian Sumarsono menegaskan, Pemerintah Provinsi tidak akan membiarkan masalah ini dan Pemprov siap membantu upaya PLN dalam pengurusan ijin dan administrasi untuk memudahkan penempatan pembangkit listrik terapung di Minsel, namun dengan catatan tidak ada lagi pemadaman di daerah Nyiur Melambai kedepan.

Ikut mendampingi Gubernur Kadis ESDM Ir Marly Gumalag serta dua staf khusus Ferry Rende dan Berty Mendur serta Kasubag Penerangan dan Publikasi Biro Pemerintahan dan Humas AY Rambing S.Sos. (tim/sulutonline).