GSVL-Mor Minta KPU Loloskan Pasangan Imba-Boda

GSVL-Mor saat didampingi Ketua Tim Pemenangan Marthen Manoppo saat memberikan keterangan PersGSVL-Mor saat didampingi Ketua Tim Pemenangan Marthen Manoppo saat memberikan keterangan Pers

“Masyarakat Diimbau Untuk Tenang, dan Jaga Keamanan Bersama”

Manado-Penundaan Pemilihan Walikota (Pilwako) Manado yang rencananya dilaksanakan Rabu (09/12/2015) kemarin mendapat tanggapan berbagai kalangan, termasuk pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Manado Nomor Urut 3, GS Vicky Lumentut-Mor D Bastiaan.

Kepada sejumlah, Kamis (10/12/2015) GSVL sapaan akrab Lumentut menyampaikan bahwa dirinya bersama Mor meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) meloloskan pasangan calon Nomor Urut 2, Jimmy Rimba Rogi alias Imba-Boby Daud.

“Sejak awal saya mengatakan bahwa Pak Imba dan saudara Boby Daud sebaiknya mereka diikutkan dalam Pilwako, hak demokrasi seseorang jangan dibatasi oleh penyelenggara Pemilu apalagi dengan alasan politis. Ingat, calon Nomor Urut 2, sudah mendapatkan Nomor Urut kemudian telah juga mengikuti prosedur yang ditetapkan, seperti melakukan kampanye, dan lain-lain,” tutur GSVL.

Wali Kota Manado periode 2010-2015 yang baru saja meninggalkan jabatannya secara terhormat itu menegaskan jika Imba-Boby Daud menjadi kompetitor dalam Pilwako Manado 2015, maka praktek demokrasi di daerah ini akan lebih terasa.

GSVL meminta KPU Manado untuk tegas dalam mengambil keputusan-keputusan strategis yang didasarkan atas aturan main.”Jangan kemudian keputusan KPU lebih bersikap sepihak, ingat penyelenggara Pemilu sebagai bagian dari perwakilan rakyat sehingga wajib mendahulukan kepentingan rakyat. Bukan sebaliknya, jangan sampai muncul kesimpulan ditengah masyarakat bahwa KPU mendahulukan kepentingan segelintir orang, mari kita sama-sama wujudkan Pilwako Manado yang aman dan tertib,” ujar GSVL yang juga Ketua Umum APEKSI ini tegas.

Diketahui, putusan penundaan Pilwako Manado itu diambil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut dan KPU Manado usai melakukan rapat pleno yang berakhir Pukul 23.00 Wita tengah malam, setelah melakukan koordinasi dengan KPU RI.

Sedangkan terkait dengan batas waktu penundaan hingga pelaksanaan Pencoblosan Pilwako Manado, hingga saat ini belum jelas kapan akan dilaksanakan.

Menanggapi hal itu, GS Vicky Lumentut sebagai Calon Walikota Manado saat diwawancarai mengatakan kalau dirinya dan pasangan Calon Wakil Walikota Mor D Bastiaan, akan mengikuti mekanisme yang telah diputuskan KPU. Karena itu, dirinya pun menghimbau supaya para pendukung dan simpatisan GSVL-MOR tetap tenang, dan jangan bikin gerakan tambahan.

”Saya minta masyarakat Manado, khususnya pendukung dan simpatisan GSVL-MOR untuk tetap tenang. Kita ikuti saja mekanismenya. Saya himbau mari torang jaga terus keamanan dan ketentraman kota yang kita cintai ini,”ingat GSVL. (tim/sulutonline).