Sumarsono:Teroris Merupakan Kejahatan Kemanusiaan

Foto bersama peserta Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengawasan Ancaman Terorisme di Wilayah PerbatasanFoto bersama peserta Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengawasan Ancaman Terorisme di Wilayah Perbatasan

Manado-Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono MDM menegaskan, teroris merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan yang bersifat lintas Negara, terorganisasi, dan mempunyai jaringan luas sehingga mengancam dan membahayakan keamanan nasional dan internasional.

Penegasan itu disampaikan Gubernur saat menghadiri Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengawasan Ancaman Terorisme di Wilayah Perbatasan, Jumat (11/12/2015) di Hotel Sintesa Peninsula Manado yang dibuka Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI Komjem Pol Dr Saud Usman Nasution SH MH.

Gubernur mengatakan menyebutkan, Negara kita pernah merasakan dampag langsung dari pelajaran berharga dari lemahnya system penanganan dan pencegahan terorisme yang dimiliki.

“Belajar dari pengalaman pahit tersebut, upaya-upaya komprehensif terus dilakukan dan diupayakan oleh pemerintah mencakup antara lain, pencegahan dan penangkalan serta penanganan upaya deradikalisasi, disamping penindakan secara operasional proteksi atau perlindungan dan penanganan permasalahan hulu atau akar masalah,”ujar Dirjen Otda Kemendagri ini.

“Sejalan dengan itu, sebagai motor penggerak penanganan tindak terorisme di Indonesia BNPT menyadari penguatan system pengawasan dan penanganan di daerah perbatasan sangat penting dan urgen untuk dilaksanakan,”tandas Sumarsono. (tim/sulutonline).