Gubernur: Pilwako Manado Tidak Bisa 2017, Harus 21 Desember 2015

DR Soni SumarsonoDR Soni Sumarsono

Manado-Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono saat press conference Jumat (18/12/2015) mengingatkan agar semua pihak tidak berandai-andai atau seakan-akan Pilwako nanti dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang.

Apalagi tegas Gubernur, pihaknya telah mengirimkan surat kepada pemerintah pusat melalui Menteri Dalam Negeri maupun Bawaslu, KPU termasuk Kapolri bahwa pemerintah Provinsi siap merekomendasikan untuk Pilkada Manado tanggal 21 Desember 2015.

“Kalau itu bisa diterima KPU, tergantung KPU, Implikasinya pembiayaan tidak banyak, pemerintah Kota Manado juga sudah siap, begitu juga untuk surat suara sudah dibuat baik (surat suara) tanpa Imba (Jimmy Rimba Rogi) maupun dengan Imba itu sudah ada,”terang Gubernur.

Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono yang juga sebagai Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini merupakan orang yang paling bertanggungjawab mengawasi proses Pilkada diseluruh Indonesia mengharapkan, Pelaksanaan Pilkada Kota Manado dapat segera terlaksana pada 2015 karena sudah diatur oleh Undang-Undang. Artinya, Sulawesi Utara siap melaksanakan pada tanggal 21 Desember.

“Kenapa harus tanggal 21Desember, karena ini adalah perintah dari Mendagri kepada Gubernur Sulut dan juga komitmen Menteri dalam negeri supaya semua diselenggarakan maksimum tanggal 21 Desember 2015,” tegasnya.

“Perintahnya Mendagri tergantung putusan PTTUN, dengan pak Imba atau tanpa Imba, itu juga bukan urusan kita, itu urusan PTTUN. Jadi jangan dikembangkan (Pilkada Kota Manado) 2017, sama sekali tidak ada pikiran sedikitpun Pilkada 2017. Pelaksanaan 2015 sudah diatur oleh Undang-Undang, jadi masih ada waktu hingga tanggal 21,”tegas Gubernur. (tim/sulutonline).