Libatkan 3000 Polisi, Gubernur Tinjau Kendaraan Operasioanl Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Gubernur dan Forkompida saat meninjau kesiapan kendaran operasioanl yang akan digunakan dalam Operasi Lilin pengamanan Hari Natal dan Tahun BaruGubernur dan Forkompida saat meninjau kesiapan kendaran operasioanl yang akan digunakan dalam Operasi Lilin pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru

GP Ansor – Panji Yosua Ikut Amankan Natal

Manado-Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono bersama Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung SH, Dan Rem 131 Santiago Brigjen TNI Sulaeman Agusto serta unsur Forkopimda Sulut Rabu (23/12/2015) pagi, melakukan peninjauan kesiapan kendaran operasioanl yang akan digunakan dalam Operasi Lilin pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru di Provinsi Sulut.

Peninjauan itu dilakukan usai menghadiri apel gelar pasukan Operasi Lilin pengamanan Perayaan Hari Natal dan Tahun Baru yang digelar di lapangan Koni Sario Manado.

Dalam kesempatan itu, Sumarsono mengatakan, dalam pelaksanaan operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru kali ini ikut pula melibatkan, Banser dan GP Ansor dari Umat Islam serta Panji Yosua Pria Kaum Bapa GMIM dari Umat Kristen. Keterlibatan ormas keagamaan ini, merupakan cermin dari kerukunan antar umat beragama yang ada selama ini di daerah Sulut.

Karena itu, Gubernur berharap sejumlah objek vital seperti tempat-tempat umum dan tempat-tempat Ibadah umat Kristiani dapat di jaga dengan baik guna mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas, sehingga umat Kristiani bisa melakukan Ibadah di Hari Natal pada 25 Desember 2015 dengan penuh khusuk.

Gubernur juga menambahkan, sudah menjadi kebiasaan dari warga Sulut setiap datangnya hari raya keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri maka Masjid dijaga oleh umat Kristiani sebaliknya di hari Natal dan Paskah umat Muslim gantian melakukan pengamanan.

Sebelumnya Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung SH saat bertindak selaku Pembina Apel menyebutkan, Operasi Lilin ini melibatkan kurang lebih 3 ribu personil yang disiagakan di sejumlah titik.

Dalam operasi lilin ini, petugas rutin melakukan patroli dengan sasaran Miras dan Sajam. “Selain itu hal-hal yang menggangu Kamtibmas juga akan kita tertibkan,”tambah Marpaung. (tim/sulutonline).