Jelang Akhir Tahun Sumarsono Sidak PT AIR Manado

Gubernur saat berbicara dengan salah satu pelanggan PT Air ManadoGubernur saat berbicara dengan salah satu pelanggan PT Air Manado

Manado-Merespon akan keluhan dan tuntutan pelayanan akan ketersedian suplay kebutuhan Air bersih bagi masyarakat kosmopolitan di Kota Manado dan sekitaranya, Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono, MDM, melakukan SIDAK (Inspeksi Mendadak) di PT Air Manado, Selasa (30/12/2015) pagi. Untuk melihat dari dekat mekanisme tata kelola serta aspek administrasi dari Perusahaan pengelola hajat hidup orang banyak yang sangat vital ini, termasuk sisi Kinerjanya.

Dalam perbincangan dengan Managemen PT Air Manado, di temui bahwa 39 % cakupan pelayanan jasa penyedia air bersih oleh pihak perusahaan daerah ini sebagian mengunakan air tanah dan kaitan dengan complain para pelanggan mengenai pengaduan diantaranya lewat telepon, maupun langsung ke front office.

Sementara prosentase terbesar pengaduan yakni kebanyakan mengeluhkan akan air tak lancar, juga kendala teknis karna faktor suplai .

Sementara itu, menjawab akan keluhan dan uneg-uneg dari beberapa anggota Masyarakat, diantaranya Mudjiono, Warga Kelurahan Sario Lingkungan 3, yang diantaranya mengeluhkan suplai air bersih yang sudah memasuki taraf meresahkan.

"Coba bayangkan, sudah 4 bulan, kami tidak mendapat pasokan air bersih, tanpa alasan yang jelas dari pihak PT Air Manado, jadi untuk mengsiasatinya, kami mengumpulkan Galon dan menampung sekedarnya, baik untuk kebutuhan komsumsi, maupun MCK, betapa memiriskan"ujar Mudjiono lirih.

Hal yang sama juga berlaku di Kelurahan Bumi Beringin yang kondisinya hingga saat ini mengalami hambatan suplai air Bersih.

Gubernur Sulut, dalam dialog dan kesempatan Sidak ini menghimbau kepada pihak Managemen PT Air Manado, agar segera membuat kebijakan lewat peran Humas Perusahaan dalam kemasan Press Release, sebagai media info mengenai penjelasan kendala-kendala teknis, respon dengan pengaduan masyarakat 1x24 jam.

“Utamanya banyak berkomunikasi dengan awak media, Pers, apa langkah antisipatif serta upaya yang sedang dan yang akan dilaksanakan, agar terpublikasi dan tersosialisasi kepada khalayak ramai, termasuk memberi laporan secara berkala ke Walikota Manado,”sarannya.

Kunjungan Inspeksi Mendadak ini, diakhiri dengan peninjauan Gubernur Somarsono, dengan berdialog akrab dan hangat kepada segenap pelanggan yang mengajukan claim dan keluhan di Counter pengaduan, seputar apa yang menjadi keluhan serta upaya apa yang akan dilakukan managemen Perusahaan.(tim/sulutonline).