Parengkuan Resmi Nahkodai Kota Tomohon

Gubernur Sumarsono saat melantik Drs Sanny J Parengkuan sebagai Pj Walikota TomohonGubernur Sumarsono saat melantik Drs Sanny J Parengkuan sebagai Pj Walikota Tomohon

Manado-Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Sulut Drs Sanny James Parengkuan, MAP dilantik oleh Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono, MDM sebagai Penjabat Walikota Tomohon di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, Jumat (08/01/2016) sore.

Pelantikan terhadap Parengkuan tersebut berdasarkan keputusan Mendagri RI Nomor 131.71-22 Tahun 2016 tanggal 6 Januari 2016.

Dalam kesempatan ini Gubernur menyampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian Pj Walikota Tomohon yaitu mengawal seluruh tahapan penyelenggaraan pilkada hingga dilantiknya pejabat Walikota Tomohon definitif, menjaga momentum penyelengaraan fungsi pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.

Sementara itu, terkait semburan uap air panas di Tondangow, Sumarsono minta Parengkuan harus menuntaskannya dalam waktu dekat, karena ini terkait dengan kekhawatiran masyarakat sekitar agar mereka bisa merasakan ketenangan.

"Jika Parengkuan tidak mampu menuntaskannya maka akan dievaluasi kepemimpinan yang bersangkutan," tegas Sumarsono.

Lebih lanjut sumarsono mengingatkan agar Parengkuan tidak perlu melakukan rolling pejabat jika itu tidak mendesak dan biarlah nanti walikota terpilih yang akan melakukannya.

Dalam kapasitasnya sebagai Dirjen Otda Sumarsono tidak bisa memastikan berapa lama kepemimpinan Parengkuan di Kota Tomohon, karena terkait teknis pelantikan gubernur bupati walikota terpilih masih dibahas di Setneg.

“Sampai saat ini terdapat dua opsi yaitu, untuk yang memilki sengketa akan dilantik bulan Juni 2016 dan tidak memiliki sengketa rencanya akan dilantik bulan Maret. Sedangkan opsi kedua baik yang memiliki sengketa maupun tidak secara serentak akan dilantik pada bulan Juni,”terang Sumarsono.
Ketua TP-PKK Sulut Ibu Dra Tri Rachayu Sumarsono melantik Ibu Dra Jenny Nelly Parengkuan Matheosz MSi sebagai Ketua TP PKK Kota Tomohon sekaligus Ketua Dekranasda Kota Tomohon
Sumarsono juga menambahkan bahwa selama pengisian penjabat bupati walikota di Sulut diakuinya, tidak ada unsur transaksional. Acara pelantikan tersebut dilanjutkan serah terima jabatan Ketua TP-PPK yang lama kepada yang baru yang dipimpin langsung oleh Ketua TP-PPK Provinsi Dra Tri Rachayu Sumarsono.

Turut hadir dalam Pelantikan Penjabat Walikota Tomohon tersebut, Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan, Forkompimda Sulut, Pimpinan DPRD Sulut, Mantan Walikota Tomohon Ir Jimmy Eman, Penjabat Bupati Minut Herry Rotinsulu, Pejabat eselon II lingkup Pemprov Sulut, anggota DPRD Kota Tomohon, Pejabat lingkup Pemkot Tomohon serta para undangan.

Dipihak lain, usai cara pelantikan Sumarsono kepada wartawan menyebutkan, khusus Pilwako Kota Manado diharapkan secepatnya segera dilaksanakan. “Lebih cepat lebih baik,”tegasnya. (tim/sulutonline).