Terkait Dana Pilwako, KPU Manado Jangan Lempar Tanggung Jawab

Penjabat Walikota Royke Roring saat tatap muka bersama KPU Kota Manado pada Senin tanggal 18 Januari 2016 laluPenjabat Walikota Royke Roring saat tatap muka bersama KPU Kota Manado pada Senin tanggal 18 Januari 2016 lalu

ROR: Dana Pilwako Manado Sudah Tidak Ditata Dalam APBD 2016

Manado
-Pilwako Manado jilid dua terancam tak ada tambahan anggaran dari Pemkot Manado. Upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado untuk meminta dana hibah tabahan bakal terkatung-katung. Pasalnya, KPU Manado ternyata belum memberikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana hibah Rp20 miliar.

Penjabat Wali Kota Manado Ir Royke O Roring pada sejumlah wartawan, Selasa (19/01/2016) malam menegaskan, masalah anggaran Pilwako sebenarnya untuk Pemkot Manado tidak bermasalah. Sebab dana Pilwako sudah diserahkan kepada KPU Manado bahkan sudah digunakan.

“Jadi saya mau katakan, jangan di bolak-balik,” ujar ROR di kantor Walikota.

Menurutnya, yang sebenarnya Pemkot Manado sudah menyerahkan dana Pilwako sekira Rp20 miliar. Pemkot Manado sampai saat ini belum memiliki anggaran untuk hal tersebut. “Memang berdasarkan LPJ itu, maka Pemkot Manado akan mempertanyakan hal ini kepada Kemendagri, sebab dana Pilwako Manado sudah tidak ditata dalam APBD 2016,” jelasnya.

Sementara itu Komisioner KPU Manado Jusuf Wowor yang dimintai keterangan wartawan, mengakui jika KPU Manado belum melaporkan LPJ. “Memang kami belum melakukan itu, sebab belum ada surat. Tapi kalau memang sudah ada surat mungkin kami belum baca sebab sudah terlanjur melaksanakan tugas luar,” jelas Wowor sambil menambahkan pihaknya akan tetap mempertanggungjawabkan penggunaan LPJ tersebut jika memang sudah diminta.

Hanya saja kata dia, sejauh ini pihak KPU Manado belum menerima jadwal pemeriksaan baik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) maupun dari tim pemeriksa lainnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Romi Poli mengatakan, anggaran yang ada pada mereka sebesar 3 miliar dan mereka masih butuh tambahan dana sebesar 1 miliar.(tim/sulutonline).