Pemprov Sulut Targetkan 2016 Cetak Sawah 3000 Ha

Perkebunan Sawah di Bolmong Raya (Foto Ist)Perkebunan Sawah di Bolmong Raya (Foto Ist)

Manado- Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Utara, Johanis Panelewen menyebutkan, tahun 2016 ini sasaran produksi Padi Sulawesi Utara sekitar 697.000 ribu ton gabah kering giling.

“Ini merupakan langka untuk mencapai produksi Padi. Salah satunya kita harus cetak Sawah. Tahun 2015 kita sudah cetak sawah sekitar 1.880 hektar. Dan 2016 ini kita akan cetak sawah sekitar 3.000 hektar,”terang Panelewen, Rabu (20/01/2016) siang.

Menurutnya, ini langka yang diambil pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian dalam rangka mencapai sasaran produksi dimasing- masing daerah.Tahun ini juga petani bakal menerima bantuan berubah traktor, bantuan benih dan bantuan pupuk.

"Bulan Januari ini kita akan menyelesaikan CPCL kelompok tani. Dan saya berharap kepada kabupaten/Kota agar segera menyiapkan calon petani dan penerima bantuan”ingatnya.

Panelewen menambahkan adapun bantuan ke kelompok tani untuk tahun 2016 ini sangat berbeda dengan tahun lalu 2015. Dimana calon petani dan penerima bantuan saat ini harus sesuai RKA.

"Sekarang lagi sedang dilakukan inventarisasi CPCL serta finalisasi untuk bulan Januari berjalan ini. Dan kegiatan ini akan segera dilakukan," tandas panelewen. (tim/sulutonline)