Ikut Tanda Tangani Perjanjian Kerja Sama Cetak Sawah, Gubernur Ingatkan Kabupaten Kota Jalin Sinergitas

Gubernur saat ikut menandatangani Perjanjian Kerja Sama Cetak Sawah dengan tujuh Kebupaten Kota bersama Unsur TNIGubernur saat ikut menandatangani Perjanjian Kerja Sama Cetak Sawah dengan tujuh Kebupaten Kota bersama Unsur TNI

Manado- Dalam Pelaksanaan Rakor Perluasan Lahan Sawah melalui cetak saawah baru TA 2016 Provinsi Sulut, yang digelar Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Sulut , Kamis (21/01/2016), Penjabat Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono MDM ikut menandatangani Perjanjian Kerja Sama Cetak Sawah dengan tujuh Kebupaten Kota bersama Unsur TNI.

Sumarsono mengajak untuk mewujudkan harapan ini hendaknya Kabupaten Kota terus menjalin sinergitas dengan Pemerintah Provinsi sehingga target cetak sawah dapat terlaksana dengan cepat dan tuntas.

Menuut Sumarsono, hal ini penting diingatkan mengingat animo petani terhadap budidaya tanaman sawah di daerah ini cukup tinggi, karena masyarakat Sulut sebagian besar bergantung pendapatannya keluarganya dari usaha tani padi sawah.

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini Saya berharap target luasan cetak sawah dalam tahun anggaran 2016 seluas 3.865 Ha harus benar-benar tercapai,”tegasnya.

Namun diingatkan Sumarsono, harus diakui pula bahwa dalam pelaksanaan cetak sawah ini tidak sedikit tantangan yang dihadapi oleh petani kita salah satunya banyak lahan pertanian telah beralih fungsi karena sudah dijadikan pemukiman penduduk dan kegiatan pembangunan bisnis lainnya.

Sementara Kadis Pertanian dan Peternakan Sulut menyatakan diakhir Tahun 2015 telah dilaksanakan cetak sawah baru 1.880 Ha di Kabupaten Bolmong. Selanjutnya pada TA 2016 telah oleh Kementerian Pertanian RI melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian telah mengalokasikan Dana untuk mencetak sawah baru seluas 3.865 Ha di tujuh Kabupaten Kota yaitu Bolmong 3.000 Ha, Bolmut 20 Ha, Bolsel, Boltim dan Minsel masing-masing 100 Ha, Mitra 145 Ha dan Talaud 400 Ha. (tim/sulutonline)