Pemprov Sulut Sulut Turunkan Tim, Manado – Bolmut Banjir

Jalur arah Manado Tomohon macetJalur arah Manado Tomohon macet akibat banjir di depan puri mas Pineleng (Foto Ist)

Talud di Tikala Rubuh, Puluhan Rumah Terendam Banjir

Manado-Pemprov Sulut terus bereaksi dan memantau kondisi terkini warga, menyusul peringatan dini dari BMKG terkait cuaca ekstrim sejak Rabu (20/01/2016) hingga Kamis (21/01/2016).

Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ir Noldy Liow saat didampingi Kabid Penanggulangan Bencana Ir Jhon Wungow menyebutkan, agar masyarakat Sulut mewaspadai fenomena alam ini.

“Khusus masyarakat yang berada di bantaran sungai dan perbukitan agar waspada. Segera berkoordinasi dengan aparat setempat jika melihat gejala bakal terjadinya bencana. Saat ini, Tim BPBD Sulut sudah turun sejak pagi ke sejumlah titik rawan bencana termasuk di lokasi jatuhnya korban jiwa di Kelurahan Batu Kota Kecamatan Malalayang. Dari data yang masuk, daerah yang fatal mengalami banjir dan tanah longsor adalah Kota Manado dan Kabupaten Bolaang Mongondouw Utara (Bolmut),”terang Liow yang dibenarkan Wungow seraya menyarankan agar para pengemudi mobil antar kabupaten kota hati-hati terhadap pohon tumbang dan tanah longsor.
Banjir di kompleks perumahan Citra Land (Foto Ist)
Sementara di Kota Manado tercatat beberapa daerah yang terdampak banjir dan tanah longsor. Dari catatan yang ada, adalah Kecamatan Malalayang, Tuminting, Singkil, Paal2 dan Tikala.
Longsor yang terjadi di lokasi SMP Negeri 4 Manado (Foto Ist)
Camat Tikala Drs Mohammad Sofyan saat diwawancarai menyebutkan, di Kelurahan Taas lingkungan I telah terjadi banjir. Setidaknya ada 10 rumah, 12 Kepala Keluarga dan 39 jiwa terkena dampak (Rumah Terendam, red).
Camat Tikala saat turun memantau banjir di kelurahan Taas (Foto Ist)
“Penyebabnya, Talud di pinggir anak sungai rubuh akibat banjir sehingga meluap sampai ke rumah warga. Saya sudah berkoordinasi dengan pemilih lahan dan PU. Alhasil pihak PU bantu cari alat berat untuk memperbaiki Talud tersebut. Diimbau agar para lurah dan kepala lingkungan tetap memantau kondisi wilayah masing-masing, ”kata Sofyan.(tim/sulutonline).
Talud bobol akibatkan air sungai meluap di kelurahan Taas Kecamatan Tikala (Foto Ist)