Gubernur Canangkan Sosialisasi PIN Polio Sulut

Pencangan PIN Polio Sulut ditandai dengan pemberian vaksin polio oleh Gubernur dan Ketua TP-PKK Sulut Ibu Dra Tri Rachayu Sumarsono MDMPencangan PIN Polio Sulut ditandai dengan pemberian vaksin polio oleh Gubernur dan Ketua TP-PKK Sulut Ibu Dra Tri Rachayu Sumarsono MDM

Sumarsono dan Ibu Tri Rachayu Lakukan Pemeriksaan Darah

Manado-Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono MDM melakukan pencanangan Sosialisasi Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tingkat Provinsi Sulut di Dinas Kesehatan Jumat, (22/01/2016).

Pencanangan yang dirangkaikan dengan Perayaan Ulang Tahun ke-51 Kepala Dinas Kesehatan dr Jemmy Lampus yang ditandai dengan pemberian vaksin polio oleh Gubernur dan Ketua TP-PKK Sulut Ibu Dra Tri Rachayu Sumarsono MDM kepada 3 orang balita serta pemotongan kue ulang tahun dan pemasangan stiker PIN polio di Kendaraan Dinas.

Sumarsono menyatakan dalam pencapaian Tujuan Millenium Development Goals (MDGs) kesehatan merupakan salah satu unsur penting yang tidak bisa dipisahkan dalam pencapaian tujuan tersebut. Untuk itu pemerintah menaruh perhatian penting dalam pembangunan dan pengembangan di bidang kesehatan, yang diantaranya melalui pelaksanaan PIN ini.

“PIN itu Cuma satu tetes, tapi konteksnya sangat luas dalam pembangunan daerah, melalui pelaksanaan PIN dapat meningkatkan ketahanan bagi kesehatan masyarakat.” Ujarnya

Sumarsono juga mengungkapkan tiga hal sederhana untuk dilaksanakan dalam membangun daerah yaitu Pendidikan, kesehatan dan berkecukupan. Pendidikan untuk menciptakan masyarakat yang berdaya saing, Kesehatan masyarakat untuk menunjang pembangunan daerah serta berkecukupan yang ditandai dengan daya beli masyarakat yang tinggi.

Diakhir sambutannya Gubernur tak lupa menyampaikan selamat ulang tahun kepada dr Jemmy Lampus, semoga panjang umur dan sehat selalu.
Gubernur DR Soni Sumarsono didampingi Kadis Kesehatan dr Jemmy Lampus saat melakukan pemasangan Stiker sosialisasi PIN Polio di Sulut
Sementara Kadis Kesehatan Sulut dr Jemmy Lampus mengatakan, sasaran kegiatan PIN polio 2016 ini yaitu seluruh anak usia 0 sampai 59 bulan tanpa melihat status imunisasinya.”Jumlah sasaran untuk Sulut 208.701 anak dengan target cakupan minimal 95%,”katanya.

Sebelumnya, Gubenur Sulut DR Soni Sumarsono MDM dan Ibu Ketua Tim Penggerak PPK Provinsi Sulut Dra Tri Rachayu Sumarsono bersama para pejabat Eselon II, melakukan pemeriksaan darah di Dinas Kesehatan Provinsi Sulut.

Pengambilan sampel darah tersebut dilakukan para dokter yang bertugas di UPTD BPPK dan mendapat pengawasan langsung dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr Jemmy Lampus dan Ketua DWP Dinkes dr Joy Ch. Lampus Lengkey SpA.
 Sumarsono dan Ibu Tri Rachayu Lakukan Pemeriksaan Darah
Gubernur mengakui, pemeriksaan darah ini merupakan instruksinya kepada semua jajaran pejabat di lingkup Pemprov Sulut, dengan maksud untuk menjaga kesehatan kita bersama dari berbagai factor resiko penyakit yang tidak menular .

“Cek-up laboratorium ini dimaksudkan agar para pejabat kita bisa terhindar dari segala factor resiko penyakit,” ujarnya.

“Pencegahan penyakit tidak menular dapat kita lakukan dengan mudah dan murah yaitu dengan menerapkan perilaku CERDIK: Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat kalori seimbang, Istirahat yang cukup dan Kendalikan stress,”ingat Sumarsono. (tim/sulutonline).