Pekan Ini, ROR Pastikan Bahas Pilkada bersama KPU

Ir Royke O RoringIr Royke O Roring

Sekertaris KPU Harus Mampu Menjembataninya

Manado-
Berkembangnya opini di masyarakat bahwa Pemkot Manado dan Penjabat Walikota Manado tak serius mendukung tahapan Pilkada Pemungutan Suara 17 Februari 2016 sebagaimana keputusan KPUD dan adanya kesan Penjabat Walikota Manado enggan berkoordinasi dengan KPU Manado, akhirnya terjawab.

Penjabat WaliKota Manado Ir Royke O Roring MSi (ROR), melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Sekda Kota Manado Drs Josua Pangkergo MAP yang dimintai tanggapannya, Minggu (31/01/2016) usai Ibadat bersama di Hotel Arya Duta Manado sebelum bertolak ke Siladen mengemukakan,' Penjabat Walikota Manado sudah berulang kali menegaskan mendukung tahapan Pilkada Manado dilanjutkan.

“UU No. 8 tahun 2015 tentang Pilkada dan peraturan terkait lainnya termasuk Permendagri No, 44 tahun 2015 tentang Anggaran Pilkada dan Permendagri No. 52 tahun 2015 tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2016 sudah dikaji oleh Pemkot Manado. Sikap dukungan kami tentu dibarengi dengan Kejati-hatian agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,”terang Pangkerego.

Ketika ditanyakan soal absennya Penjabat Walikota Manado dalam Rakor KPU di ruang Tolu serta rapat Koordinasi Pemkot, KPU, dan Forkompimda di Kantor KPU lalu, Pengkerego menjelaskan bahwa ketidakhadiran Pj Walikota pada dua agenda tersebut tidak menghalangi koordinasi antara KPU Kota Manado dan Pemkot.

“'Pj Walikota memiliki agenda kedinasan yang sama pentingnya. Terakhir, dalam rapat koordinasi gabungan pekan lalu, Pak Penjabat Walikota sementara tugas luar di Jakarta. Pj Walikota memastikan dalam pekan ini juga akan menyediakan waktu khusus membahas masalah Pilkada bersama KPU dan Forkompimda Kota Manado,'”terang Pangkerego.

Di pihak lain, mencuatnya masalah koordinasi lembaga KPU dan Pemkot Manado harus disikapi secara intens dan proaktif oleh perwakilan Pemerintah di KPU. Menurut Plt Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Manado, Franky Mocodompis, S.Sos, pihaknya berharap Sekretaris KPU Manado sebagai perpanjangan tangan Pemkot Manado di KPU untuk intens dan proaktif menjembatani koordinasi.

“Dalam situasi khusus seperti sekarang ini peran Sektetaris KPU maupun Sekretariat KPU Manado menjadi sangat vital dan strategis. Kalau komisionernya, memang dipilih dan ditetapkan oleh kelembagaan KPU, tapi Sekretaris dan sekretariat KPU merupakan salah satu dukungan fasilitasi Pemkot ke KPU Manado. Kami yakin Pak Novi Kandowangko yang sudah berpengalaman mengelola kegiatan Pilkada dan Pemilu, akan dapat melaksanakan tugasnya menjembatani koordinasi Pemkot dan KPU dengan baik,”ingat Mocodompis.(tim/sulutonline).