Korah: Sebagai Upaya Pelesatarian Budaya dan Tunjang Pariwisata

GSVL saat upacara Tulude pada tanggal 1 Febr 2015 lalu (Foto Ist)GSVL saat upacara Tulude pada tanggal 1 Febr 2015 lalu (Foto Ist)

Disbupdar Siap Gelar Festival Tulude

Manado-Berbagai upaya dan ide positif terus ditelorkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisat Sulut, untuk melestarikan budaya sekaligus promosi pariwisata Sulut. Alhasil, dalam waktu dekat ini akan digelar festival Tulude pada tanggal 6 Februari 2016 mendatang.

“Festival Tulude ini akan digelar di Lapangan KONI Sario Manado,”terang Kadisbudpar Sulut Ir HTR Korah MSi, Senin (01/02/2016).

Dikatakan Korah, pelaksanaan Festival Tulude ini terus mendapat dukungan dari pemerintah. Karenanya diingatkan pada seluruh masyarakat Nusa Utara untuk hadir dalam kegiatan festival Tulude ini.

“Momentum Tulude ini kiranya akan menyatuhkan seluruh komponen warga Nustar, karena sudah beberapa tahun terakhir ini tidak dilaksanakan di tingkat Provinsi,”ungkapnya.

Ditambahkan Korah, Upacara adat Tulude merupakan hajatan tahunan warisan leluhur masyarakat Nusa Utara (Kepulauan Sangihe, Talaud, dan Sitaro) di ujung utara Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Telah berabad-abad acara sakral ini dilakoni masyarakat etnis Sangihe, Sitaro dan Talaud, sehingga tak mungkin dihilangkan atau dilupakan oleh generasi penerusnya.

Untuk diketahui, Tradisi ini telah terpatri dalam khasanah adat, tradisi, dan budaya masyarakat Nusa Utara. Bahkan, Tulude secara perlahan dan pasti mulai diterima sebagai tradisi budaya masyarakat Sulut dan Indonesia umumnya. Di mana ada komunitas etnis Sangihe-Talaud, di sana pasti ada Tulude.

Tulude pada hakekatnya adalah upacara pengucapan syukur kepada Mawu Ruata Ghenggona Langi (Tuhan yang Maha Kuasa) atas berkat- Nya selama setahun. Namun, untuk mencari kepraktisan pelaksanaan, banyak kelompok menyelenggarakan tidak sepenuhnya sebagai upacara, tetapi dalam bentuk ibadah syukur. Ibadah syukur dimulai dari tingkat RT, lingkungan, kelurahan, organisasi rukun, dan kelompok masyarakat lainnya. (tim/sulutonline).