Bahas Pilkada, ROR dan KPU Gelar Rapat Tertutup

Foto suasana rapat yang berhasil dijepret wartawan secara sembunyi dari jendela (Foto Ist)Foto suasana rapat yang berhasil dijepret wartawan secara sembunyi dari jendela (Foto Ist)

Manado-Pelaksanaan pilkada di kota Manado paling asyik diikuti. Lihat saja, untuk membahas anggaran dan tahapan pilkada, penjabat walikota Ir Roy Roring didampingi Sekkot Ir MHF Sendoh serta SKPD terkait dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) memilih rapat tertutup, Senin (1/2) sekitar pukul 16.30 Wita.

Selain SKPD di lingkungan Pemkot Manado, juga SKPD di lingkungan Pemprov Sulut juga ikut hadir. Berdasarkan pantauan wartawan, semua pintu yang menjadi akses untuk melewati ruangan Toar Lumimuut (Tolu) ditutup. Bahkan, wartawan yang ingin ke kamar mandi (Toilet, red) ditanyakan mau kemana, yang kebetulan kamar mandi ada di samping ruang Tolu. “Soalnya so mo tutup ini pintu”, ujar pegawai di lingkungan TUP.

Bukan hanya itu, para wartawan yang mencoba mencari menggali informasi dengan mendekati ruangan yang tertutup, begitu diketahui langsung dimatikan speakernya. Rapat yang berlangsung ketat dan tertutup mengundang tanya sejumlah pengunjung, “Kiapa musti tatutup skali bagitu itu rapat, ada apa so sampe so ta tutup skali, apa yang dorang mo bahas ini kan untuk kepentingan masyarakat, harusnya di era transparan terbuka bukan main tutup-tutup, harusnya masyarakat tahu apa yang menjadi hambatan atau apa, jangan ditutup-tutupi, ini mengundang kecurigaan warga,”ketus Stephen.

Sementara itu Kabag Humas Franky Mocodompis menjelaskan ada pernyataan resmi dan nanti akan disampaikan sesudah rapat.

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Manado Ir Roy Roring (ROR) diketahui belum mau bicara soal pelaksanaan pilkada yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 17 Februari 2016 yang akan datang.

Hal itu terungkap dalam wawancara usai pelantikan tim penggerak PKK, Senin (1/2) siang di ruang Serba Guna.

Ketika dicecar pertanyaan, tentang waktu pelaksanaan pilkada yang sudah ditetapkan pada 17 Februari, dengan entengnya ROR menjawab “Saya belum mau bicara soal kapan pelaksanaan pilkada, nanti saja,”tandasnya seraya menyebutkan, pihaknya masih akan membahas pelaksanaan dan anggarannya. (tim/sulutonline).