Palandung : Tulude Eratkan Kebersamaan warga Nusa Utara

Palandung saat mewakili gubernur dalam prosesi adat Tulude di SitaroPalandung saat mewakili gubernur dalam prosesi adat Tulude di Sitaro

Manado-Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs John H Palandung MSi mengatakan, budaya Adat Tulude adalah ikatan yang mempererat kebersamaan dan persatuan warga Nusa Utara. Hal ini disampaikan Palandung saat mewakili Gubernur Sulawesi Utara dalam gelar Budaya Adat Tulude di Siau, Sitaro Rabu (03/02/2016).

Palandung mengatakan makna Tulude, bukan hanya melepas tahun yang lama dan menerima tahun yang baru, melainkan Tulude juga wahana yang mengandung motivasi dan semangat segenap warga Nusa Utara, serta sebagai warna yang menghiasi Kebhinekaan NKRI. "Tulude adalah aset budaya daerah yang merupakan budaya Nasional" Jelas Palandung.

Palandung menambahkan, budaya yang tercipta dari nilai religius dan kultural ini sangat khas dan sudah mulai dikenal di mata dunia sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing, bahkan wisatawan pun ikut berbaur dalam kebersamaan warga Siau.
Warisan adat Tulude telah menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara
“Kedepanya, budaya adat Tulude dapat dikembangkan sesuai dengan kearifan lokal yang ada. Saya juga mengapresiasi antusiasme warga yang terlibat dalam Gelar adat ini,”katanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Forkopimda Sulut, Kapolda Wilmar Marpaung, Danrem 131/ Santiago Sulaeman Agusto S.IP, Kakanwil Menkumham Dr. Sudirman Hury SH MSc, Bupati Sitaro Tony Supit SE, MM. (tim/sulutonline)