Tendean Minta Bendahara Serius Ikut Diklat

DR Noudy TendeanDR Noudy Tendean

Manado- Kepala Badan Diklat Provinsi Sulut DR Noudy
Tendean menyebutkan, pendidikan dan pelatihan teknis bendahara pengeluaran di jajaran pemerintah provinsi Sulut, diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kompetensi selaku pejabat fungsional yang ditunjuk untuk menerima, menyimpan, menyetorkan menatausahakan dan mempertanggjawabkan keuangan pendapatan daerah dalam rangka pelaksanaan APBD pada SKPD .

Lanjut Tendean mengatakan pada wartawan, Jumat (06/2/2016) tuntutan terhadap pengelolaan keuangan daerah yang tertib, transparan dan akuntabel ini, mejadi kewajiban untuk dicermati dan direspon oleh semua aparatur sipil negara (ASN), karena pemerintah terbangun dari pilar-pilar penyangga yang kokoh sehingga mampu menghadirkan dan memberikan kepastian sisten dan mekanisme berdasarkan peraturan perundang-undangan disemua elemen pemerintah.

Dijelaskannya pula, bendahara pengeluaran merupakan kiunci sentral dalam pengelolaan keuangan, sehingga dibutuhkan kemampuan dan profesionalisme yang tinggi, sehingga dengan memahami tugas dan fungsinya maka bendahara pengeluaran dapat menghilangkan ataupun meminimalisir kesalaahn-kesalahan dalam pelaksanaan tugasnya.

“Ini agar terhindar dari masalah terjadinya kerugian keuangan negara akibat tindakan melanggar hukum ataupun kelalaian,”ingatnya.

Sementara itu, Dolfie Tinangon selaku panitia pelaksanan melaporkan peserta merupakan bendahara di 40 SKPD, dimana diklat ini bertujuan meningkatkan komptensi dan ketrampilan dalam pengelolaan keuangan sehingga bisa berkomptene dalam tugasnya. (tim/sulutonline).