ASEAN-NTO'S juga Bahas Kerjasama Sub Regional ASEAN

Manado-Pertemuan lanjutan hari kedua "ASEAN National Tourism Organizations" (ASEAN-NTO's) yang digelar di Grand Kawanua Convention Center (GKCC) di Manado, Provinsi Sulawesi Utara salah satunya membahas kerjasama sub regional ASEAN.

"Pembahasan agenda kerjasama ini berkaitan dengan pemaparan program-program yang dilaksanakan dan akan dilaksanakan tahun ini pada tingkatan sub regional," kata Chairman ASEAN NTO'S, Wardiyatmo.

Wardiyatmo menjelaskan, tiga kerjasama sub regional ASEAN meliputi "Greater Mekong Sub Region" (GMS) yang mencakup negara-negara seperti Thailand, Laos, Cambodia, Vietnam dan Myanmar dan mengangkat Myanmar sebagai ketua. Sub regional kedua adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Growth Triangle (IMT-GT) di mana Thailand menjadi ketua bidang pariwisata. Sub regional berikutnya adalah Brunai, Indonesia, Malaysia, Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) yang menunjuk Malaysia sebagai ketua bidang pariwisatanya.

Wardiyanto mengatakan, dalam pembahasan kerjasama sub regional ASEAN, Indonesia mengusulkan pertemuan IMT-GT "Tourism Working Group Meeting" dilaksanakan di Palembang pada pertengahan Maret hingga April 2012 sebelum digelar IMT-GT summit pada bulan April 2012. Selain itu dia menambahkan, dalam persidangan Indonesia juga memaparkan "preliminary results ASEAN Tourism Forum 2012 di mana peserta "travel exchange" (travex) yang akan dilaksanakan 13-15 Januari 2012 telah melebihi target 1.400 peserta.

"Peserta yang telah memberikan konfirmasi sebanyak 1.413 peserta. Jumlah peserta travex ini kemungkinan masih akan bertambah," katanya. Wardiyatmo menambahkan dalam pertemuan hari kedua, agenda lainnya yang dibahas adalah konsultasi dengan "ASEANTA Tourism Association (ASEANTA) dan Russian Federation.

Dalam persidangan tersebut, kata dia, Wakil President ASEANTA, Carla Parengkuan berharap, dalam pertemuan tingkat menteri tanggal 11 Januari 2012 menghadirkan President ASEANTA agar dapat mengakomodasi kepentingan sektor privat.

"ASEANTA juga memberikan apresiasi terhadap rencana NTO'S memberikan peran sebagai co-organizer penyelenggara pada masa mendatang," katanya. Wardiyatmo juga menambahkan, dalam pemaparan Russian Federation mengagendakan kelanjutan pelatihan bahasa Rusia untuk ASEAN Tour Operator yang rencananya dilaksanakan di Rusia. (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.