KPU: Pilkada Tetap 17 Februari, Tak Ada Hubungan Dengan Pelantikan Bupati/Walikota

Baliho ajakan memilih dalam Pilwako 17 Februari 2016Baliho ajakan memilih dalam Pilwako 17 Februari 2016

KPU RI Turun Back Up KPU Manado

Manado-Issu penundaan Pilwako Manado dimentahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara. Niat tulus KPU Manado untuk tetap melaksanakan agenda nasional pada 17 Februari 2016, dibackup langsung oleh KPU Pusat.

Selasa (16/02/2016) besok, KPU RI akan tiba di Kota Manado, untuk mengawal proses Pilkada di Ibukota Provinsi Sulut pada Rabu 17 Februari 2016. “Ya betul, besok KPU RI akan turun untuk memantau langsung proses Pilkada Manado. Namun siapa saja yang akan datang saya belum mengetahuinya. Yang pasti KPU RI akan datang besok,” ujar Wowor kepada wartawan, Senin (15/02/2016).

Senada dengan itu, Komisioner KPU Manado Eugenius Paransi SH MH dan Sunday Rompis usai melakukan pertemuan dengan Penjabat Walikota Manado Ir Royke O Roring (ROR) dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) di ruang kerja Walikota, komplek Balaikota Tikala, Senin siang menegaskan pihaknya tetap konsisten, pilkada tetap 17 Februari 2016.

Ditanya soal hari H pemungutan suara bertepatan dengan hari pelantikan 6 Bupati/Walikota di Sulut yang rencananya digelar di Graha Bumi Beringin, Paransi pun memberi jawaban tegas. Dikatakannya tidak ada hubungan antara pemungutan suara Pilkada Manadao dan pelantikan Bupati/Walikota. “Kan yang hadir di pelantikan cuma segelintir orang. Sementara pilkada melibatkan ratusan ribu orang. Jadi jangan mengorbankan ribuan orang ini hanya karena agenda seremonial pelantikan,” sergah Paransi.

Kendati demikian, hasil rapat dengan Penjabat Walikota Manado sudah dilaporkan ke KPU Sulut, yang selanjutnya dari KPU Sulut dilaporkan ke KPU RI. “Kita tunggu saja hasilnya sebentar. Namun yang pasti kami KPU Manado sudah siap 100 persen,” tandas Paransi.

KPU Sulut sendiri akhirnya mengambil pernyataan tegas setelah keputusan KPU Manado menetapkan jadwal Pilkada Manado 17 Februari lusa masih diragukan sejumlah pihak.“KPU konsisten. Untuk pelaksanaan Pilkada Manado susulan tetap dilaksanakan 17 Februari 2016,” tegas Komisioner KPU Sulut, Vivi George di Kantor KPU Sulut siang.

Bahkan untuk memastikan pelaksanaan 17 Februari itu, seluruh personil KPU Sulut langsung bertolak ke kantor KPU Manado di kawasan Kairagi, Mapanget. “Sore ini kami akan rapat koordinasi bersama KPU Manado untuk memantapkan pelaksanaan pencoblosan 17 Februari,” ujar George.

Soal informasi berkembang akan terjadi pergeseran tanggal pelaksanaan, George dengan tegas membantah. “Itu hanya isu. Tidak benar akan ditunda. Kami sudah konsisten pelaksanaannya tetap 17 Februari,” jelasnya lagi.

Soal anggaran yang masih tersendat belum diterbitkannya Perwako oleh Royke Roring sebagai penjabat Wali Kota Manado, bukan menjadi hambatan bagi KPU. “Logistik semua sudah siap didistribusi. Termasuk ke wilayah kepulauan. Memang untuk anggaran tinggal honor ad hoc yakni PPK dan PPS tapi itu bukan hambatan kami untuk segera melaksanakan Pilkada Manado susulan 17 Februari,”tegasnya.(tim/sulutonline).