Gubernur Percepat Pembuatan Pergub BUMD KEK

Gubernur dan Wakil Gubernur saat menerima  Tim BUMD PT Sulut Membangun IndonesiaGubernur dan Wakil Gubernur saat menerima Tim BUMD PT Sulut Membangun Indonesia

Manado-Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, menyatakan akan mempercepat pembuatan Pergub Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Dewan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

“Mengingat kehadiran BUMD ini sudah sangat mendesak, karena itu Pemprov akan segera membuat Pergub tersebut,”ujar Gubernur saat menerima Tim BUMD PT Sulut Membangun Indonesia yang dipimpin Ir JWT Lengkey di ruang kerjanya. Senin (29/02/2016).

Menurut Gubernur, pemdirian BUMD di maksud untuk memberikan akselerasi dan kontribusi bagi perkembangan perekonomian daerah pada umumnya dan penerimaan daerah pada khususnya. Menjadi perintis kegiatan-kegiatan usaha yang belum dapat dilaksanakan oleh sektor swasta dan koperasi melalui mekanisme korporasi dan turut memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat melalui program kemitraan.

“Pendirian BUMD bertujuan untuk memberikan kemanfaatan umumnya pada masyarakat dan untuk mendapatkan keuntungan guna menambah sumber pendapatan asli daerah diluar pajak dan retribusi daerah,”jelas orang nomor satu di Sulut.

Karena itu Pemerintah daerah Provinsi dapat membentuk BUMD yang dibentuk dengan peraturan Gubernur, sembari menanti penetapan Perda BUMD.

Lengkey berharap BUMD yang dipimpinnya harus bekerjasama dengan Dipenda Sulut, menjadi supplier besi di Sulut untuk pengadaan besi dari Krakatau steel, stabilisasi pangan daerah diserahkan ke BUMD termasuk pengendalian gula dan stok.

Lengkey juga memastikan tenaga yang duduk nantinya dalam struktur Dewan KEK bukan orang-orang buangan tapi orang-orang professional.(tim/sulutonline).