Gubernur: Siasati Sampah Dengan 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Dialog terbuka Perspektif Pengelolaan SampahDialog terbuka Perspektif Pengelolaan Sampah

BLH Akan Berikan Reward Bagi Masyarakat Yang Laporkan Buang Sampah Sembarangan

Manado-Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE melalui Asisten Pembangunan dan Ekonomi Drs Sanny Parengkuan saat sosialisasi gerakan simpati peduli lingkungan “ Perspektif Pengelolaan Sampah”, sekaligus rangkaian Hari Peduli Sampah 2016 mengatakan, ada Tiga cara untuk mensiasati masalah sampah.

“Siasati sampah dengan 3R (Reduce, Reuse, Recycle),”saran Gubernur melalui Parengkuan saat membuka acara yang digagas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sulut, di Manado Town Square (Mantos), Selasa (15/-3/2016).

Dikatakan gubernur, issu lingkungan hidup telah menjadi issu global seiiring terjadirnya degradasi lingkungan.”Makanya, mari kita atasi masalah sampah mulai dari sumber dengan memilahnya, kemudian diolah, termasuk Limbah Beracun dan Berbahaya dengan cara 3R sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup secara nyata dalam kehidupan sehari-hari,”ingat gubernur.
Asisten Drs Sanny Parengkuan didampingi Kaban LH Drs Roy Mewoh dan Kabid LH Ir Sonny Runtuwene diantara ratusan peserta
Sementara, Kepala BLH Sulut Drs Roy Mewoh melalui Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup Ir Sonny Runtuwene, menyebutkan, acara sosialisasi ini sebagai salah satu daya ungkit untuk lebih peduli terhadap sampah dari masyarakat.

“BLH Sulut akan memberikan reward bagi masyarakat yang berani melaporkan siapa saja yang membuang sampah sembarangan,”katanya.

Menariknya, acara sosialisasi yang dihadiri sekitar 250 orang dari masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai, juga, diwarnai dengan berbagai kuis dengan hadiah menarik bagi siapa yang menjawab dengan benar sejumlah pertanyaan tentang bagaimana mengelola sampah.

Acara sosialisasi ini juga diakhiri dengan dialog terbuka pada salah satu stasiun radio swasta dengan menghadirkan para nara sumber Kepala BLH Sulut Drs Roy Mewoh, Kepala Disbudpar Sulut Ir Happy Korah, Kepala Dinas Kebersihan Kota Manado Ir Julises Ohlers, Perwakilan dari Tim PKK Sulut, Akademisi dan Wartawan.(tim/sulutonline).