ODSK Optimis Siswa Sulut Lulus 100 persen

Gubernur Sulut saat membuka berkas UN di SMA I AirmadidiGubernur Sulut saat membuka berkas UN di SMA I Airmadidi

Manado-Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE didampingi Ketua DPRD Provinsi Sulut, Rektor Unsrat Prof Dr Ellen Kumaat, Bupati Minut Vonny Panambunan dan Kadis Diknas Sulut Asiano G Kawatu SE MSi, melakukan pemantauan sekaligus membuka Naskah Ujian Nasional (UN) di SMAN 1 Airmadidi, Senin (04/04/2016) pagi.

Diwaktu yang bersamaan Wagub Drs Steven Kandouw SE, didampingi Anggota Deprov Sulut James karinda, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung MSi, Pj Walikota Manado Ir Roy O Roring MSi, Karo Kesra dr Bahagia Mokoagouw dan Sekretaris Diknas Sulut Ch Sumampouw SH MEd, melakukan pemantauan sekaligus membuka naskah UN di SMK N 1 Jalan Siswa Manado.

Kedua pemimpin Sulut yang baru ini menyampaikan rasa optimismenya bahwa siswa peserta UN di Sulut bisa lulus 100 persen."Anak-anak Sulut memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Saya sangat optimis mereka akan meraih hasil yang baik, dan untuk semua pihak yang terlibat baik itu Guru maupun Siswa laksanakan Ujian Nasional dengan Jujur dan berintegritas" Ungkap Gubernur.

Gubernur mengatakan, para siswa telah menyatakan kesiapannya untuk mengikuti UN Tahun ini, bahkan merasa optimis bahwa mereka pasti akan lulus. "Tentunya ini tidak lepas dari pembinaan para guru-guru mereka yang telah mendidik, melatih sekaligus membimbing anak-anak ini selama tiga tahun,"jelasnya.
Wagub saat membuka berkas UN di SMA I Manado
Bahkan Kandouw menyatakan, yang penting disini adalah kejujuran dari para siswa yang tidak bergantung pada orang lain. "Karena selama tiga tahun belajar pasti mereka telah mempersiapkan diri dengan baik,”ujarnya sembari berharap kiranya anak-anak jangan ditakut-takuti, karena UN tidak menentukan kelulusan siswa, tetapi hasil ujian sekolah ditambah dengan moralitas dan karakter siswa juga ikut dinilai.

Untuk diketahui sebanyak 31.103 siswa, SMA, SMK, MS kelas XII yang ada di Sulut akan mengikuti Ujian Nasional mulai Senin (04/04/2016) sampai Rabu (06/04/2016). Adapun mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Untuk Jurusan IPA ditambah Kimia, Fisika dan Biologi. Untuk Jurusan IPS ditambah Geografi, Sosiologi dan Ekonomi. Untuk jurusan Bahasa ditambah Sastra Indonesia, Antropologi dan pilihan bahasa asing lainnya.(tim/sulutonline)