5 Kabupaten/Kota di Sulut masuk RP3KP

Ir Roy O Roring saat diwawancarai wartawan (Foto Ist)Ir Roy O Roring saat diwawancarai wartawan (Foto Ist)

Manado-Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman (RP3KP) yang ada 5 Kabupaten/kota di Sulut didasarkan pada peraturan daerah RTRW di 15 Kabupaten kota yang sudah ditetapkan. Ke 5 daerah tersebut masing-masing Kota Kotamobagu, Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Bolang Mongondow Selatan dan Bolaang Mongondow Timur.

Demikian, Kepala Bappeda Sulut Ir Royke O Roring saat membuka kegiatan rakor bantuan PSU 2016 untuk perumahan umum wilayah Sulut dan Gorontalo, Rabu (06/04/2016).

Lanjut Roring, untuk 10 Kabupaten/Kota masuk dalam startegi pengembangan permukiman infrastruktur perkotaan (SPPIP) dan rencana pembangunan dan pengembangan kawasan permukiman yakni Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kabupaten Minahasa Selatan, Kotamobagu, Minahasa Utara, Kepulauan Talaud, Bolmong dan Boltim.

Dikatakannya pula, kawasan permukiman dalam RTRW Provinsi diarahkan pada berbagai lokasi seperti kawasan perkotaan Manado- Bitung yang merupakan pusat kegiatan nasional (PKN), serta kawasan perkotaan Tomohon, Tondano, dan Kotamobagi, Boroko, Molibagu, Tutuyan, Amurang, Ratahan, Ulu-Ondong dan Lolak yang merupakan pusat kegiatan wilayah (PKW), serta kawasan perkotaan Melonguane dan Tahuna yang merupakan pusat kegiatan strategis nasional (PKSN).

Ditambahkan Penjabat Walikota Manado ini, penyelenggaran perumahan dan pemukiman di Sulut merupakan isu strategis yakni pertambahan penduduk, migrasi ke kota dan kemiskinan yang menyebabkan masih tingginya angka kebutuhan rumah, sehingga menjadi tugas dan tanggungjawab bersama baik pemda dan pemerintah pusat dan stakholder untuk memulai penyelenggaran perumahan dan kwasan permukiman agar masyarakarat mampu bertempat tinggal serta menghuni rumah yang layak serta terjangkau didalam perumahan yang sehat, aman, harmonis dan berkelanjutan.(tim/sulutonline).