Wagub: Stop Penambangan Sebelum Diterbitkan Perda Zonasi !

Wagub Sulut saat diwawancarai usai acara Pra Musrembang di kantor Bappeda SulutWagub Sulut saat diwawancarai usai acara Pra Musrembang di kantor Bappeda Sulut

Manado-Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Drs Steven Kandouw akhirnya bersuara keras terkait masih ada sejumlah perusahaan yang terus melakukan aktivitas penambangan di Sulut.

“Stop penambangan sebelum diterbitkan Peraturan Daerah (Perda) zonasi,”tegasnya pada wartawan usai membuka kegiatan Pra Musrenbang yang digelar Bappeda Sulut, Kamis (14/04/2016).

Untuk itu jelas Wagub, dirinya sudah perintahkan BKPM dan ESDM untuk menyurati kepada pengelola pertambangan untuk berhenti beraktivitas. Walaupun disisi lain mereka sudah lengkap persyaratan dan perijinan namun ada tahapan-tahapan yang harus dipenuhi dan dilengkapi.

“Sekarang paling up to date adalah Perda Zonasi. Selama Perda Zonasi belum ditetapkan dilarang melakukan pertambangan,"ingatnya mewanti-wanti.

Dalam kesempatan itu, Wagub Sulut Drs Steven Kandouw yang juga mantan Ketua Dewan Sulut ini, tak lupa juga mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman awak media yang sudah menginformasikan kepadanya terkait dengan pengelolaan pertambangan yang masih melakukan aktivitas."Jadi tunggu saja Perda Zonasi baru bisa beroperasi,"tegasnya.(tim/sulutonline).