Bangun Pulau Terluar, Rekrut Siswa Berprestasi, ODSK Turunkan Tim Sehat Nusantara

Gubernur saat memberikan sambutan dalam kunjungan kerja bersama Wagub di TalaudGubernur saat memberikan sambutan dalam kunjungan kerja bersama Wagub di Talaud

Talaud-Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bersama Wagub Drs Steven Kandouw (ODSK) dalam kunjungan kerjanya di dua pulau perbatasan terluar di Kabupaten Kepulauan Talaud yakni Desa Dampulis Pulau Marampit dan Desa Karatung di Pulau Nanusa Kecamatan Nanusa. Kamis (21/04/2016) menjanjikan untuk merekrut lulusan siswa-siswi terbaik tingkat SMP daerah itu.
Gubernur dan Wagub Sulut disambut secara adat di pulau Marampit  kabupaten kepulauan Talaud
Bagi siswa SMP lulusan tahun 2016 ini untuk disekolahkan di SMU Lokon Tomohon."Saya dan pak Steven lewat visi misi kami, telah mempersiapkan bea siswa gratis bagi anak-anak kita di Sulut termasuk siswa berprestasi di pulau terluar seperti Talaud yang ingin melanjutkan studi di SMA unggulan dan di berbagai Perguruan tinggi ternama di dunia,”terang gubernur.

Ditekankan, semua biaya akan di tanggung oleh Pemerintah Provinsi Sulut, orang tua tidak perlu kuatir asalkan anak-anak mau belajar serius.”Bahkan jika tamat dari SMU Lokon nanti, jika ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi di Amerika Serikat silahkan, supaya ada anak-anak dari Talaud yang kuliah di sana,”ujar mantan Ketua Badan Anggaran DPR-RI ini.

Untuk itu Gubernur minta, agar Bupati Talaud Sri Wahyuningsih Manalip, segera dapat mendata siswa siswi berprestasi tingkat SMP dan SMA, karena bulan Juni nanti akan kami tampung mereka di Manado. “Program bea siswa gratis ini merupakan penjabaran dari program Presiden Jokowi yaitu membangun dari pinggiran,”kata Gubernur.
Didampingi Wagub Sulut, Gubernur menandatangani sejumlah proyek di Talaud
Sementara itu untuk menjawab keluhan warga di dua pulau tersebut karena adanya ketiadaan tenaga medis, Gubernur memastikan dalam waktu dekat ini akan mendatangkan tenaga medis komplet ada dokter maupun bidan lewat Tim Sehat Nusantara.”Mereka akan saya datangkan kesini untuk memberikan pelayanan kesehatan pada warga,”jelasnya.

Sedangkan terkait dengan program pemerintah dalam rangka pemberian bantuan dana desa di setiap desa Gubernur, minta agar Apitalaung (Kades) dapat mengelolahnya dengan baik, agar benar-benar dapat mensejahterakan rakyat. Kesempatan itu Gubernur telah menyerahkan berbagai bantuan sosial dari Dinsos Sulut berupa 2 ton beras, 650 paket lauk pauk, supermie 34 dos dan 15 kartom makanan bayi. Bantuan dari Dinkes Sulut dan Bantuan Mobil L 300 pick up dua unit.

Sebelumnya di Desa Dampulis Gubernur telah melakukan pencanangan desa bebas Miras di empat 4 Desa yakni Desa Musi dan Desa Musi Satu Kecamatan Lirung, Desa Arangkaa Kecamatan Gemeh dan Desa Desa Laluhe Kecamatan Nanusa. serta bantuan untuk gereja-gereja di Nanusa.
Antusiasme warga kepulauan saat menyambut rombongan ODSK membuat  gubernur terharu
ODSK Membangun Dari Daerah Pinggiran
Sebelum kembali ke Manado dari kunjungan kerja selama dua hari di Kabupaten Kepulauan Talaud, menyempatkan waktu menutup pelaksanaan Musyawarah Kerja (Mukar) Sekolah Menengah Kerjuruan (SMK) se-Sulut dan bertatap muka dengan para ASN di pulau Porodisa yang berlangsung di SMK Negeri Melonguane.
Gubernur melakukan penanaman pohon di pulau Marampit kabupaten kepulauan Talaud
Kesempatan itu Gubernur telah meresmikan SMK Negeri Salibabu yang ditandai dengan penanadatanganan prasasti. Gubernur mengatakan bahwa ini adalah bagian dari komitmen pemerintah untuk menyediakan fasilitas sarana pendidikan, demi mencerdaskan anak-anak bangsa. Apa terlebih dipulau-pulau terluar terpencil di NKRI, membangun negara dari pinggiran melalui anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

"Pembangunan bukan saja hanya dalam bentuk fisik, tapi juga pembangunan sumber daya manusia, yang diharapkan kedepanya dapat membantu membangun Kabupaten Talaud lebih baik" Jelas orang nomor satu di Sulut ini.

Tidak hanya itu Gubernur juga menginginkan perlu meningkatkan ilmu pengetahuan dan tehnologi (IPTEK) bagi anak didik SMK agar tidak ketinggalan."Saya harapkan anak-anak didik di Talaud, dalam menghadapi MEA, perlu meningkatkan sumber daya dibidang tehnologi," imbuhnya.
Gubernur menandatangani prasasti saat berada di Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud
Dalam kesempatan ini, Gubernur juga mengapresiasi Diknas Sulut yang sudah menyiapkan sarana dan prasarana termasuk rangkaian seluruh kegiatan Musyarah Kerja SMK di Talaud, sehingga dalam agenda kegiatan kunjungan kerja bisa dapat bertatap muka langsung dengan guru-guru SMK se-Sulut.
ODSK bersama unsur Forkompimda saat berada di kabupaten kepulauan Talaud
Bagi ASN di Talaud Gubernur berharap dapat mendukung kepemimpinan Ibu Bupati Sri Wahyuni Manalip yang sudah bekerja keras membangun daerah itu.
"Saya minta semua ASN, mendukung Bupati dalam meningkatkan kusalitas pelayanan publik untuk , percepatan pembangunan di daerah paling utara di Provinsi Sulut, sehingga masyarakat bisa menikmati hasil-hasil pembangunan yang ada di Talaud," harapnya.
ODSK bertekad bangun daerah terluar di Talaud
Dalam kunjungan kerja perdana di Kabupaten Kepulauan Talaud ini, Gubernur Sulut Olly Dpndokambey SE - Wagub Drs Steven Kandouw didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Sulut Ibu Ir. Rita Dondokambey Tamuntuan, Wakil Ketua dr. Devi Kandouw Tanos. Ikut mendampingi Kapolda Brigjen Pol. Wilmar Marpaung SH, Kajati Tengku Syahrizal SH, serta unsur forkopimda lainya dan para pejabat teras pemprov Sulut.(ADVETORIAL/HUMAS PEMPROV SULUT).