Job Fair 2016 Tunjang Program ODSK Menuju Sulut Hebat

Kadisnakertarns Sulut Marsel Sendoh SH didampingi para wartawan saat memantau pencari kerja memasukan lamarannyaKadisnakertarns Sulut Marsel Sendoh SH didampingi para wartawan saat memantau pencari kerja memasukan lamarannya

Manado- Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw SE (ODSK) berharap melalui Job Fair 2016 yang dilaksanakan Disnakertrans Sulut, sejak Senin (09/05/2016) hingga Selasa (10/05/2016) di Manado Town Square (Mantos) diharapkan mampu menopang dan mengurangi pengangguran dan kemiskinan di Sulut.

“Iya, harapan pak Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, agar momentum seperti ini bisa dimanfaatkan para pencari kerja yang disediakan para pengusaha melalui Job Fair 2016, untuk menuju Sulut Hebat melalui program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK),”ungkap Kadisnakertrans Sulut Marsel Sendoh SH di sela-sela penutupan Job Fair 2016 di Mantos, Selasa (10/05/2016) sore.

Menariknya, dari pemetaan data yang dilakukan Disnakertrans Sulut, jumlah pencari kerja selama Dua hari tersebut, mencapai 2012 pelamar yang tercatat di 48 perusahaan yang ikut dalam Job Fair 2016 ini. Sementara untuk lulusan SMA/SMK sebanyak 672 orang. Lulusan Diploma 3,2,1 sebanyak 941 orang, dan lulusan Sarjana (S1) sebanyak 1252 orang. Hal ini membuktikan bahwa angka Sarjana pengangguran di Sulut terus membengkak, menyusul setiap tahunnya perguruan tinggi menelorkan Sarjana.

Menanggapi hal tersebut, Sendoh menyarankan pentingnya pembinaan Skil atau keahlian bagi pencari kerja, selain mengantongi ijazah SMA/SMK atau Sarjana. “Kami berharap, kabupaten kota se Sulut juga bisa mengikuti dan melaksanakan Job Fair tingkat kabupaten kota untuk menunjang program ODSK,”ujar Sendoh. (tim/sulutonline).