Wadaw ! Sekkot dan BKD Manado Saling Lempar Tanggungjawab, SK 12 Kepala SKPD Terancam Dianulir

Walikota, GSVL saat membuka Rakorev Baseline KepemimpinanWalikota, GSVL saat membuka Rakorev Baseline Kepemimpinan

Manado-Konspirasi mutasi 12 Kepala SKPD Pemkot yang dilakukan era kepemimpinan Penjabat Walikota Manado, Ir Royke O Roring, mulai terungkap. Menyusul, Sekkot Ir H Sendoh dan Kepala BKD Steven Wakarry, saling lempar tanggung jawab saat ditanya Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut, terkait hal itu dalam Rakorev Baseline, Senin (16/05/2016) di ruang serba guna Pemkot Manado.

Diketahui, Kepala BKD Pemkot Manado Steven Wakarry, terlihat agak kebingungan ketika memaparkan tupoksi dan kinerjanya. Walikota GSVL yang saat itu, didampingi Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE, mempertanyakan soal aturan tentang mutasi. Wakarry menjawab pun sesuai dengan aturan yang ada. Namun, Walikota meminta aturan dan rekomendasi yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

Bahkan, Walikota meminta surat rekomendasi dari Kementerian soal mutasi dari 12 kepala SKPD yang lalu. Dan terungkap dalam surat tersebut yang mana untuk jabatan Kepala BKD dan Kadis PU belum ada rekomendasi dari Kementerian dan harus menunggu persetujuan.

Sayangnya, saat Penjabat Walikota yang lalu ngotot melakukan pelantikan termasuk 12 kepala SKPD serta BKD dan PU, padahal belum ada persetujuan dari Kementerian.

Kepala BKD Steven Wakarry pun menjelaskan bahwa dirinya hanyalah peserta sehingga tidak tahu menahu akan hal tersebut. Mendengar hal itu, sontak Sekkot Haefrey Sendoh yang juga hadir dalam Rakorev langsung mengklarifikasi.

“Harusnya kepala BKD jangan mengatakan bukan peserta, justru kepala BKD ikut memaparkan, bahkan pakai spidol kong ada kase penjelasan,” bantah Sendoh.

Walikota pun meminta penjelasan lebih lanjut, dan kepala BKD dengan wajah yang agak pucat mengatakan, “Saya siap mengikuti aturan yang ada,” ujarnya dengan suara agak melemah.(tim/sulutonline).