ODSK Benahi Infrastruktur Pariwisata, Siap Terima Kunjungan 50 Ribu Turis Asal China

OD-SKOD-SK

Manado-Komitmen pasangan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK) dalam memajukan industry pariwisata di Sulut, terus dilakukan. Terutama pembenahan infrastruktur penunjang pariwisata yang sudah ada. Apalagi, mulai bulan Juli 2016 mendatang, sebanyak 50 ribu turis asal negeri Tirai Bambu Tiongkok, China, akan berkunjung ke daerah kita.

Alhasil, pada Rabu (18/05/2016), Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw telah memanggil seluruh stake holder pariwisata, terutama para Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata se Sulut, untuk rapat bersama menyamakan persepsi demi kemajuan pariwisata Sulut.

Dalam rapat tersebut, Wagub Kandouw mengakui masih banyak pembenahan yang harus dilakukan jika Sulut ingin menjadi tujuan wisata mancanegara.“Tapi kalau dari aspek culture semua paham, tinggal bagaimana penunjang lain yakni Sumber Daya Manusia (SDM) dan tambah lagi menguasai bahasa Mandarin, juga sarana kesehatan,”jelasnya pada wartawan usai rapat tersebut.

Diketahui kedatangan turis China ke Sulut, Juli 2016 mendatang, merupakan program Pemprov yang di lobi langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE pada pihak Lion Air dengan membuka penerbangan langsung dari Manado ke 8 kota penting di Tiongkok, China.

“Pemprov, mempersiapkan infrastruktur yang ada di Bunaken, akses masuk objek-objek pariwisata di Kabupaten Kota, contohnya jalan diperlebar, fasilitas toilet diperbaiki, karena itu yang paling banyak dikeluhkan. Pasti hal tersebut mutlak PAD bertambah,”jelasnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulut, Ir Happy Korah menjelaskan nantinya, sesuai jadwal sudah ditetapkan sekitar 50-an ribu turis asal Tiongkok ,China akan ke Manado.“Paling utama pemerintah nyamankan mereka, sekarang masih dalam proses koordinasi dengan Kabupaten Kota. Apa-apa saja tempat-tempat pariwisata Sulut yang segera diperbaiki dan tindaklanjuti,”ingat Korah. (tim/sulutonline).