Wawali Buka Rakor SPKD, GSVL-Mor Sinkronkan Program ODSK

Wawali Mor Dominus Bastiaan SE saat memimpin Rakor strategi penanggulangan kemiskinan daerahWawali Mor Dominus Bastiaan SE saat memimpin Rakor strategi penanggulangan kemiskinan daerah

Manado-Wakil Walikota (Wawali) Kota Manado Mor Dominus Bastiaan SE, Selasa (24/05/2016) telah membuka Rapat Tim Koordinasi Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SPKD), di ruang Toar Lumimuut. Rapat Koordinasi (Rakor) ini untuk mengetahui kondisi kemiskinan masyarakat kota Manado dan mencari upaya - upaya pemecahan permasalahannya, dalam masa pemerintahan Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE (GSVL-Mor).

Rapat tersebut dihadiri Sekkot Kota Manado Ir Haefrey Sendoh, Asisten Administrasi Umum Dra Henny Giroth, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hi Rum Usulu, Kepala – kepala SKPD penyalur bantuan kepada masyarakat kurang mampu, dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Drs Spener Tahulendeng.
Suasana Rakor strategi penanggulangan kemiskinan daerah
Dalam sambutan Wawali Mor menyampaikan, penanggulangan kemiskinan adalah kebijakan dan program pemerintah yang dilakukan secara terencana, sistematis, tersinkronisasi untuk mengurangi jumlah penduduk miskin di Kota Manado dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Maka perlu adanya SPKD dan ODSK. Tujuan Rapat Koordinasi ini untuk mengetahui kondisi kemiskinan masyarakat kota Manado dan mencari upaya - upaya pemecahan permasalahannya”terang wawali Mor.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE menyebutkan, terkait penyaluran bantuan kepada masyarakat kurang mampu dan penekanan Inflasi dan pengangguran serta upaya mencegah naiknya harga Sembako, dilakukan melalui operasi pasar.

“Hambat penjualan keluar kota Manado karena akan melonjaknya harga. Kita harus memperlebar pintu masuk dan memperkecil pintu keluar,”ingat Wawali.

Sementara menurut Wawali Mor, untuk menurunkan tingkat kemiskinan dan mengurangi jumlah penduduk miskin di kota Manado, tentu saja perlu kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholder), maka diperlukan program pembangunan yang disusun untuk kesejahteraan seluruh masyarakat.

Sementara, dalam pemaparan materi oleh Sekretaris Bappeda Remy Sumilat SSos, menjelaskan program – program Pemerintah Kota Manado yang sementara berjalan, dan yang akan dilaksanakan, seperti Universal Coverage (UC), bantuan Rumah, Keluarga harapan, Raskin yang harus diberikan kepada penerima bantuan menurut data by name by address. Begitu juga dengan upaya membuka akses pada kawasan kumuh dan miskin. (tim/sulutonline).