Wagub Sulut Terima Kunjungan Konjen Philipina

Wagub Sulut Drs Steven Kandouw tukaran cinderamata dengan Konjen Philipina untuk Indonesia Mr Oscar G OrcineWagub Sulut Drs Steven Kandouw tukaran cinderamata dengan Konjen Philipina untuk Indonesia Mr Oscar G Orcine

Jaga Hubungan Baik, Pemprov – Philipina Fokus Berantas Ilegal Fishing
Manado-Jalur batas laut antara Indonesia – Philipina, khususnya perairan Sulut, terus menjadi perhatian kedua Negara. Apalagi, jalur batas laut ini telah menjadi jalur transit berbagai kejahatan. Karenanya, kedua Negara terus menjaga hubungan baik yang selama ini telah terbina.

Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Drs Steven Kandouw saat menerima kunjungan Konjen Philipina untuk Indonesia Mr Oscar G Orcine, Selasa (07/06/2016) bersepakat akan menjaga bersama hubungan baik tersebut. Terutama kesepakatan untuk memberantas maraknya Ilegal Fishing yang terjadi di perairan laut Indonesia – Philipina.

“Yang pasti, Indonesia – Philipina sepakat untuk menjaga hubungan bilateral yang sudah lama terjalin,”ungkap Wagub Kandouw saat melakukan pertemuan Courtesy Call, tersebut.

Wagub Kandouw yang saat turut di dampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung MSi, Asisten Administrasi Pembangunan Drs Sanny Parengkuan MAP dan Kabag Humas Protokol Pemprov Sulut Roy RL Saroinsong SH, itu menyebutkan, berbagai kerjasama di bidang politik, Border Crossing Area /Pelintas Batas, Perdagangan barang dan jasa, Sektor Pendidikan.
Wagub Sulut Drs Steven Kandouw saat menerima kunjungan Konjen Philipina untuk Indonesia Mr Oscar G Orcine
“Apalagi salah satu Sekolah Menengah Atas Swasta di Sulut menjadi andalan dan Favorit karena mendatangkan tenaga pengajar dari Negara Philipina. Termasuk Sektor Pariwisata yang dilakukan Indonesia dan Philipina akan terus dikembangkan guna memajukan kedua negara tetangga ini. Juga bidang Kemaritiman dan Industri Perikanan, dimana laut Sulut yang berbatasan langsung dengan Philipina, memiliki keaneka ragaman hayati yang menjanjikan,”terang Wagub Kandouw seraya mengundang para wisatawan asal Philipina untuk menikmati pesona alam yang ada di Sulut.

Sementara itu Konjen Philipina menyatakan rasa terima kasih kepada pemerintah Indonesia Khususnya pemerintah Sulawesi Utara dan masyarakat yang telah menerima dirinya dengan baik. Philipina katanya, berkomitmen terus menjaga hubungan bilateral dengan baik, termasuk Kota Bitung sebagai salah satu Sister City antara Sulut dan Philipina, serta saling mendukung dalam berbagai aspek kerjasama.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan dialogis ini, yang menyita waktu 1 jam, juga secara khusus oleh pihak Konsulat Philipina di Manado, mendukung kebijakan Pemprov Sulut, dalam memajukan Sektor Pariwisata diantaranya Joint Operation bersama salah satu Maskapai Penerbangan di Indonesia dalam membuka Jalur Penerbangan langsung Direct Flight, China-Manado.

Dimana Negara China merupakan pangsa pasar yang potensial dalam mendatangkan Devisa dari Jasa Tourism dan Bisnis Perhotelan, bagi kunjungan Wisman ke Bumi Nyiur Melambai Sulut. Tatap muka dan dialog ini diakhiri dengan agenda pertukaran Cendera mata bersama. (tim/sulutonline).