OD Sepakat GSVL Kembalikan Jabatan Saat ROR Lakukan Rolling

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SEGubernur Sulut Olly Dondokambey SE

Manado-Polemik Rolling jabatan yang dilakukan penjabat Walikota Manado Ir Royke O Roring (ROR), tuntas. Menyusul turunnya surat rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal inipun diperkuat dengan keterangan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Selasa (07/06/2016) malam di sela-sela acara buka puasa bersama di lapangan Koni Sario.

“Iya, memang harus demikian. ASN kan ada aturan mainnya. Apalagi sudah ada rekom dari KASN. Dan memang demikian,”terang Gubernur menjawab wartawan terkait pengembalian jabatan yang dilakukan Pemkot Manado sesuai rekomendasi KASN.

Gubernur kemudian menyayang, jika ada pejabat yang memanfaatkan jabatannya untuk melakukan tindakan yang melanggar aturan. Apalagi memanfaatkan jabatannya untuk memainkan aturan yang telah ditetapkan, seperti roling ASN.

“ASN kan punya aturan yang mengatur. Jadi wajib ikuti aturan. Aturan ASN itu jelas, pasal demi pasal termasuk roling. Makanya pejabat itu harus taat aturan, jika ada pejabat yang tidak taat maka di garis merah,”tegas Gubernur.

Diketahui, surat rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor B/636/KASN/VII/2015 tanggal 28 Juli 2015 tentang seleksi terbuka JPT ASN dan Surat KASN No. B-945/KASN/VI/2016 tanggal 1 Juni 2016 tentang Pembatalan Mutasi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemkot.

Turunnya surat KASN tersebut buntut rolling pejabat yang dilakukan era penjabat Walikota Ir Royke O Roring (ROR) lalu.

Berdasarkan surat KASN itulah, Walikota Manado GSVL langsung menerbitkan Keputusan Walikota Manado Nomor 821.2/BKD/SK/07/2016 Tanggal 3 Juni 2016 tentang Pembatalan SK 821.2/BKD/SK/05/2016 tanggal 6 April 2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Struktural Eselon IIB di Lingkungan Pemerintah Kota Manado.

Surat Keputusan Walikota Manado tersebut telah dibacakan saat apel yang diikuti ASN Pemkot Manado, Senin (06/06/2016) di Lapangan Sparta Tikala Manado. (tim/sulutonline).