Pemprov Sulut Bertekad 2012 Swasembada Beras

Manado-Keberhasilan di sektor pertanian dan peternakan memasuki dua tahun terakhir ini cukup menggemberikan, hal ini membuat Pemerintah Provinsi Sulut dibawah kepemimpinan Golden Triangle, Gubernur Dr. Sinyo Harry Sarundajang dan Wagub Dr. Djouhari Kansil, MPd serta Sekprov Ir. Siswa R Mokodongan telah bertekad di tahun 2012 ini Sulut akan swasembada beras.

Hal itu di sampaikan Wagub Djouhai Kansil, di kantor gubernur belum lama ini saat memimpin Rakor Pemantapan Program Subsektor Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Tahun 1012.

Menurut Kansil, hal ini menjadi semakin penting dipahami unuk terus dikedepankan, mengingat kita telah bertekad mencapai swasembada beras Tahun 2012 ini, sebagai rangkaian menuju swasembada pangan berkelanjutan dan surplus 10 juta ton beras nasional 2014.

“Disamping itu, kita pula telah sepakat untuk bersama-sama mencapai swasembada daging sapi Nasional 2012, serta terus mengoptimalkan pengembangan hortikultua sayuran organik, jelas,” Kansil.

Kansil mengatakan, sejauh ini Pemprov bekerjasama dengan pihak terkait, telah menghasilkan dan melaksanakan berbagai program kerja untuk mengoptimalkan kinerja sektor pertanian dan peternakan seperti gerakan sentuh tanah, implementasinya mendapat dukungan luas dari segenap komponen masyarakat, seperti terlihat dari antusiasme program, seperti “Gerakan Meimo Tumanen” di Minahasa, “Gerakan Tanam Pada” (Gentadi) di Mitra, “Polisi Bakokong” oleh Polda Sulut yang dilaksanakan di seluruh Poles se- Sulut, disamping itu telah dilaksanakan pula penandatangan nota kesepakatan target produksi antara Gubernur dengan Bupati/Walikota se- Sulut pada 15 Oktober 2011 lalu.

“Karena itu, saya percaya program ini bisa terwujud dengan baik dan maksimal, karena peluang peningkatan produksi didukung dengan ketersediaan potensi yang luar biasa seperti halnya untuk sektor pertanian tersedia lahan sawah 55,856 Ha, lahan kering 46,000 Ha,” tambah Kansil.(Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options