Gubernur Pimpin RUPS BSGO, Penjaringan Capim Dibuka Umum

Gubernur Olly Dondokambey SE didampingi Wagub Drs Steven Kandouw dan Komisaris Utama Drs Robby Mamuaja saat memimpin RUPSGubernur Olly Dondokambey SE didampingi Wagub Drs Steven Kandouw dan Komisaris Utama Drs Robby Mamuaja saat memimpin RUPS

Manado-Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan maupun Luar Biasa, sejak masih menggunakan nama Bank Sulut hingga kini telah berganti Bank Sulut-Gorontalo (Sulut-Go), berlangsung alot bahkan hingga suasana memanas, tidak terjadi pada pelaksanaan Rabu (15/06/2016).

Sebab pada RUPS yang dipimpin langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK) di hotel Ibis Manado, selaku Pemegang Saham Pengendali (PSP), justru berlangsung super cepat, aman dan sukses tanpa ada keluhan dari pemegang saham lainnya. Bila di RUPS-RUPS sebelumnya memakan waktu hingga berjam-jam bahkan sampai beberapa hari, namun kali ini hanya sekitar 1 1/2 jam saja.

"Semuanya berjalan dengan baik dan lancar, dengan sejumlah putusan diambil bersama-sama," ungkap Gubernur.

Dikatakan, ada tiga poin yang diputuskan pada RUPS ini. "Pertama,laporan pertanggung jawaban tahun 2015 yang sempat tertunda di RUPS lalu, telah diterima. Kedua, hasil RUPS lalu soal penjaringan para nominasi calon direksi dan komisaris dibatalkan. Dan ketiga adalah membentuk dan mengesahkan komite remunerasi serta nominasi untuk menjaring kembali orang-orang yang akan menjadi komisaris maupun direksi yang baru," terang Gubernur pada sejumlah wartawan usai RUPS.

"Dan telah diputuskan bersama bahwa pemilik saham pengendali (Gubernur,red) selaku pimpinan dalam pembentukan ini," lanjutnya.

Gubernur juga menyebutkan, untuk penjaringan terbuka untuk umum, dan persyaratan serta ketentuan calon akan diumumkan di media massa selama 2 pekan. "Jadi terbuka untuk umum, siapa pun bisa. Baik yang berada di seluruh Indonesia, maupun yang ada di Amerika bisa ikut, asalkan tercatat sebagai warga negara Indonesia," terang Gubernur.
ODSK terlihat enjoy bersama para Walikota dan Bupati disela-sela RUPS BSGO
Untuk standarnya disesuaikan dengan ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Intinya harus punya integritas, loyalitas dan tidak bermasalah," ujarnya lagi.

Menariknya pernyataan Gubernur ini menyiratkan bahwa kepemimpinan saat ini berpeluang terpilih lagi. "Direksi saat ini berpeluang untuk terpilih lagi, jika melewati penjaringan yang akan dilakukan ini," terangnya.

"Nantinya akan dipilih dua kali dari jumlah calon pemimpin, dan itu akan diproses, hingga terakhir ditentukan," lanjutnya.

Sesuai RUPS ini dipastikan Direksi maupun dewan komisaris saat ini masih akan memimpin hingga Agustus nanti. "Sesuai perpanjangan masa tugas sampai 10 Agustus nanti, jadi untuk waktu penjaringan masih lama," tutup Gubernur.

Wakil gubernur Drs Steven Kandouw menambahkan pelaksanaan penjaringan didasari pada objektifitas kualitas para calon. "Tak ada lagi yang namanya jatah-jatahan, yang pasti berkualitas serta punya kemampuan yang akan terpilih"katanya.

Dirut Bank Sulut-Go James Salibana mengaku menyetujui pelaksanaan penjaringan Capim (Calon pimpinan) yang diputuskan pada RUPS kali ini. "Dengan demikian akan terpilih calon pimpinan yang baik, dengan sesuai kemampuan. Dan tentunya yang memahami soal Bank Sulut-Go," ungkap Salibana yang mengakui bahwa pelaksanaan RUPS kali ini yang cepat serta aman, bisa dikatakan sebuah rekor.

"Karena biasanya berlangsung lama dan alot. Tapi dengan dipimpin pak Olly semua berjalan dengan baik," kata Salibana yang mengucapkan terima kasih pada seluruh pemegang saham serta semua pihak yang membuat RUPS kali ini berjalan dengan baik.

Adapun seluruh pemegang saham tampak hadir, diantaranya dari Gorontalo dipimpin langsung Gubernur Rusly Habibie, Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut, Bupati Minut Vonny Panambunan, Walikota Bitung Max Lomban, Walikota Tomohon Jimmy Eman, Bupati Minahasa Jantje Sajouw, Bupati Sangihe HR Makagansa dan Wabup Minsel Franky Wongkar dan Komisaris Utama (Komut) Drs Robby Mamuaya.(tim/sulutonline).