ODSK Ingatkan Warga Waspadai Banjir, Tanah Longsor dan Pohon Tumbang

Bencana banjir dan tanah longsor di kabupaten kepulauan SangiheBencana banjir dan tanah longsor di kabupaten kepulauan Sangihe

Liow: 4 Orang Tewas, 1 Orang Hilang
Manado-Menyusul cuaca ekstrim selang beberapa hari ini, yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan orang hilang, memaksa membuat Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK), angkat bicara. Kepada seluruh warga Sulut dari Miangas sampai Molosipat diingatkan agar mewaspadai Banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

“Diingatkan agar seluruh warga Sulut hati-hati karena intensitas cuaca hujan semakin tinggi. Terutama warga yang tinggal di daerah perbukitan dan pesisir pantai serta bantaran sungai. Waspadai banjir, tanah longsor dan pohon tumbang,”ingat Wakil Gubernur (Wagub) Drs Steven Kandouw, Selasa (21/06/2016) sore.

Wagub Kandouw sendiri mewanti-wanti agar Liow harus standby 1X24 jam untuk memonitor keadaan Sulut.”Jangan lengah, terus lakukan koordinasi dengan Kabupaten dan kota se Sulut dan monitoring lapangan, serta segera berikan bantuan pada masyarakat jika terjadi hal-hal tidak diinginkan,”tegas Wagub Kandouw.
Banjir dan tanah longsor yang memporakporandakan daerah Kepulauan
Selain itu, Wagub Kandouw juga mengingatkan agar perusahaan pelayaran jangan memaksakan untuk berlayar mengingat cuaca sangat tidak menguntungkan.”Ombak saat ini mencapai 4 meter,”ungkap Wagub Kandouw melalui Kepala BPBD Sulut Ir Noldy Liow.

Sementara dalam laporan singkat Liow menyebutkan, pada Selasa (21/06/2016) pukul 20.25 wita, kota Manado kembali dilanda banjir, tanah longsor serta pohon tumbang serta abrasi yang mengakibatkan 1 orang meninggal dunia.

Longsor juga telah menghantam Kota Tomohon, dan di Minahasa Selatan (Minsel) telah terjadi gelombang pasang yang mengakibatkan hancurnya sejumlah perahu motor di kawasan Amurang.

Di Kabupaten Kepulauan Sitaro telah terjadi bencana banjir dan tanah longsor yang mengkibatkan jembatan Kiawang hanyut. Sedangkan di Kabupaten Kepulauan Sangihe juga terjadi banjir dan tanah longsor yang mengakibatkan 3 orang meninggal dunia dan 1 orang hilang. (tim/sulutonline).