Kuasa Hukum GSVL-MOR Ajukan Gugatan Intervensi, Gugatan Syarif Darea Cacat Hukum

Percy Lontoh, SH salah satu kuasa hukum GSVL-MORPercy Lontoh, SH salah satu kuasa hukum GSVL-MOR

Manado-Usaha Syarif Darea membatalkan kepemimpinan Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut-Mor Dominus Bastiaan SE (GSVL-MOR) dengan mengajukan gugatan ke PTUN Manado Nomor Perkara 39/G/2016/PTUN. Mdo, bakal kandas.

Dimana dalam gugatan Syarif Darea Cs, terkait SK Pemberhentian Pejabat Walikota dan Pengesahan Pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Kota Manado masa bakti 2016-2021 serta SK KPU Manado terkait Penetapan Calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Manado Terpilih masa bakti 2016-2021.

Dalam sidang di PTUN Manado, Kamis (23/06/2016), kuasa hukum GSVL-MOR, Stenly Lontoh, SH dan Percy Lontoh, SH resmi mengajukan jawaban gugatan intervensi terhadap gugatan Syarif Darea sebelumnya. Adapun jawaban jawaban gugatan intervesi tersebut menyebutkan, Syarif Darea sebagai penggugat tidak mempunyai kedudukan hukum (legal standing) dikarenakan Syarif Darea bukanlah peserta dalam Pemilukada Kota Manado sesuai amanat Pasal 157 ayat 4 dan ayat 5 UU No. 8 Thn 2015.

Selanjutnya, PTUN Manado tidak berwenang mengadili gugatan yang diajukan Syarif Darea.“Iya. Karena kami beralasan sesuai dasar hukum menurut UU No. 8 Thn 2015, pertama; sengketa terkait hasil pemilukada hanya dapat diajukan di Mahkamah Konstitusi. Kemudian, pembatalan SK dikeluarkan KPU Manado terkait pemilukada Kota Manado hanya dapat diajukan di PT TUN Makassar. Pun pembatalan SK Menteri Dalam Negeri yang memberhentikan pejabat walikota serta mengangkat walikota dan wakil walikota Kota Manado terpilih adalah kewenangan PTUN Jakarta Pusat,” jelas Lontoh bersaudara.

Kemudian alasan kami ketiga; putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait perselisihan hasil Pemilukada Kota Manado yang menetapkan GSVL-MOR sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Manado terpilih adalah bersifat final dan mengikat. Keempat, bahwa KPU Manado, Menteri Dalam Negeri, Gubernur Sulut telah melaksanakan amanat putusan Mahkamah Konstitusi serta UU No. 8 Thn 2015.

“Berdasarkan uraian diatas, kami selaku kuasa hukum penggugat intervensi beralasan hukum, jika PTUN Manado menolak keseluruhan gugatan yang diajukan oleh Syarif Darea,” tandas Stenly Lontoh. (tim/sulutonline).