Wagub: Jabatan Sekdaprov Sulut Bisa PLT

Wagub Drs Steven Kandouw saat diwawancarai waktu lalu (Foto Ist)Wagub Drs Steven Kandouw saat diwawancarai waktu lalu (Foto Ist)

Usai Lebaran Mokodongan Promosi ke Kemendagri
Manado-Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Drs Steven Kandouw, menyebutkan, jika jabatan Sekdaprov Sulut yang bakal ditinggalkan Ir SR Mokodongan menyusul akan dipromosikan ke Depdagri, maka jabatan birokrat tertinggi di Sulut tersebut, bisa di Plt-kan.

Dan jika, tidak ada aral melintang, maka usai lebaran Idul Fitri 1437H, salah satu putra terbaik dari Totabuan itu sudah mulai bertugas di pusat. Apalagi, Gubernur Sulut Olly Dondokambey memastikan jabatan untuk Ir SR Mokodongan sudah ada.

"Bisa saja ada Plt Sekdaprov, sebab kemungkinan Pansel akan mulai bertugas usai Lebaran," terang Wagub Kandouw, Minggu (26/06/2016) sore lalu.

Mengacu dari persyaratan dan kriteria yang ada untuk mengisi jabatan Sekdaprov, sejumlah pejabat senior (Golongan 4D) dan pernah menjabat minimal dua kali jabatan eselon II hingga belum masuk usia pensiun, mencuat nama-nama seperti Edwin Silangen (Kaban Kesbangpol), Herry Rotinsulu (Kadis Kehutanan), JE Kenap (Kadis PU), Ricky Toemanduk, Roy Roring (Kepala Bappeda), Gammy Kawatu (Kadiknas), Nixon Watung dan Roy Mewoh (Kepala BPLH) pantas di kedepankan.

"Kalau ada penugasan atau diperintah pak Gubernur dan pak Wagub untuk ikut seleksi Sekprop, saya siap mengikutinya. Prinsipnya saya menjalankan tugas yang diembankan, jadi atau tidak itu urusan belakangan," aku Herry Rontinsulu.

Sementara, pelaksanaan seleksi terbuka calon Sekretaris Propinsi (Sekdaprov), masih menunggu SK untuk 5 tim Panitia Seleksi (Pansel) yang akan ditandatangani Gubernur Olly Dondokambey SE. "Ya, SK tim Pansel Sekdaprov masih akan saya tandatangani, jika sudah ada secepatnya akan dimulai," terang Gubernur.

Lebih jauh menurut Gubernur, terkait pejabat yang akan ikut penjaringan Sekdaprov, akan dikeluarkan surat edarannya. "Saya kira ada ketentuan sesuai aturan ASN, mulai kepangkatan serta persyaratanya, seperti harus pejabat senior golongan 4D," ungkap Gubernur yang mengatakan penjaringan seleksi akan dilakukan secara terbuka.

Menariknya kata Gubernur, khusus di jajaran Pemprov Sulut, ada 12 Pejabat yang memenuhi kriteria persyaratan. "Ada 12 Pejabat saja yang memenuhi persyaratan, mulai kepangkatan, keikutsertaan di Diklat Pim 1 hingga Lemhanas," terang Gubernur. "Untuk pak Mokodongan, sudah ada tempat di Depdagri,"tambah Gubernur Olly Dondokambey SE. (tim/sulutonline).