Tari Kabasaran Sambut Turis China, Gubernur OD Jamu Owner Lion Group

Gubernur Sulut saat menjamu rombongan Lion Group yang dipimpin Rusdi KiranaGubernur Sulut saat menjamu rombongan Lion Group yang dipimpin Rusdi Kirana

Setiap Bulan 15 Ribu Turis China Berkunjung ke Sulut
Manado-Babak baru industry Pariwisata Sulut akan terus bersinar di era kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK). Menyusul, Senin (04/07/2016) pagi, ribuan turis asal negara Tirai Bambu Tiongkok-China dating plesir di sejumlah lokasi wisata di Bumi Nyiur Melambai.

Kepastian kedatangan ribuan turis dari Negara asal bintang film laga Jet Lie tersebut, menyusul pada Minggu (03/07/2016), Gubernur OD di kediamannya di Desa Kolongan Minahasa Utara, menjamu owner Lion Group Rusdi Kirana dan Watimpres.

Terungkap, kunjungan kloter pertama ini akan disambut langsung Gubernur Olly Dondokambey SE, Wagub Drs Steven OE Kandouw (ODSK) bersama Watimpres yang dipimpin langsung pemilik Lion Group Rusdi Kirana.
 Owner Lion Group Rusdi Kirana terlihat enjoy saat di jamu gubernur Sulut
"Ini merupakan kloter pertama kedatangan turis asal China, dari rencana kunjungan terus menerus ke tempat wisata di daerah kita yang diperkirakan mencapai 15 ribu orang setiap bulannya. Untuk itu perlu disambut secara khusus di kedatangan pertama ini," ungkap Gubernur sembari menambahkan sejumlah pergelaran seni dan budaya khas Kawanua akan ditampilkan pada penyambutan ini.

Sebelumnya pada sejumlah kegiatan, termasuk di Safari Ramadhan yang dilakukan di Bolmong Raya, Gubernur terus mensosialisasikan ke masyarakat untuk siap menyambut kedatangan turis China yang diperkirakan 15 Ribu setiap bulan. "Marilah warga Sulut menyambut kedatangan turis Cina dengan baik, dan ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi di daerah, sekaligus akan ikut berimbas pada kesejahteraan rakyat di daerah kita," terang Gubernur.

"Memang secara langsung baru Kota Manado dan beberapa kabupaten kota di sekitar yang berdampak langsung, namun secara tak langsung seluruh warga kabupaten kota dapat ikut merasakannya, seperti setiap daerah dapat menjual khasan atau kerajinan daerah untuk dijadikan oleh-oleh para turis China, dan permintaanya akan sangat banyak mengingat setiap bulan 15 Ribu orang yang akan datang ke Sulut," urai Gubernur.

Gubernur juga meminta semua pihak, seluruh pemerintah kabupaten dan kota, masyarakat dan pengusaha untuk dapat menyambut dengan baik kedatangan ribuan turis asal Cina ini. "Persiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menyambut kedatangan para turis, karena harus diakui masih banyak kekurangan, seperti hotel, restoran yang menyediakan masakan China," ingat Gubernur.

Lanjutnya dalam sepakan sebanyak 3 ribu turis yang akan datang dengan total sekira 15 ribu turis setiap bulan akan datang terus menerus ke Sulut, dan dari perhitungan sekira Rp 38 miliar akan dibelanjakan. "Bayangkan potensi peningkatan perekonomian Sulut akan sangat besar dengan setiap hari turis China berbelanja sekira Rp 38 miliar, ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh rakyat Sulut," kata Gubernur.
Karenanya, diharapkan pengrajin-pengrajin khas Sulut yang membuat souvenir harus dorong untuk terus menghasilkan souvenir agar dapat dijadikan buah tangan oleh para turis China untuk dibawa ke negaranya.

Wagub Steven Kandouw menambahkan bahwa keberhasilan datangnya ribuan turis China ini, murni perjuangan Gubernur Olly Dondokambey. "Mulai dari melobi pengusaha, lobi ke pemilik Lion Air pak Rusdi Kirana untuk membuka rute penerbangan langsung Sulut ke 8 kota di Cina, melobi ke Kemenkum HAM hingga Bandara Samrat masuk bandara bebas visa dan terakhir soal sanksi yang diberikan Kemenhub pada Lion Air yang juga diselesaikan oleh pak Gubernur, padahal dalam kapasitas Pemprov Sulut hanya sebagai penunjang," jelas Gubernur.

Dan upaya ini kata Wagub, akan memberikan dampak positif pada pariwisata Sulut secara nasional. "Biarkan Sulut tak masuk daerah destinasi unggulan wisata nasional, tapi kenyataannya daerah-daerah yang masuk nominasi justru kunjungan turisnya jauh dari harapan, sebalik Sulut dengan kunjungan 15 Ribu turis per bulan ini akan melampaui target nasional kunjungan wisatawan yang dipatok 15 Ribu sampai 17 ribu turis per tahun," terang Wagub sembari mengatakan serbuan kunjungan turis asing masih akan bertambah dengan akan dibukanya rute Manado-Hongkong oleh maskapai Citilink di bulan mendatang.(tim/sulutonline)