Sambutan Gubernur Sulawesi Utara dalam Manyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah

Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Drs Steven KandouwGubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw

Asslamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Saudara-saudaraku umat umat Islam Sulawesi Utara yang berbahagia.

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, karena rahmat dan anugerahnya, pada malam ini umat Islam dapat mengakhiri ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Dan Insyaallah besok pagi umat Islam akan menyambut hari Kemenangan. Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah.

Mensyukuri kemenangan iman yang dirasakan umat Islam, perkenankan saya selaku Gubernur Sulawesi Utara, atas nama pribadi dan keluarga serta jajaran Pemprov Sulut menyampaikan selamat atas keberhasilan saudara-saudaraku umat Islam dalam menunaikan ibadah puasa dan selamat meryakan Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah.

Malam ini seluruh umat Islam seluruh dunia termasuk Sulawesi Utara, mengumandangkan Takbir, Tahlil dan Tahmid, untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT. Sambil memanjatkan rasa sykur kepadaNYA. Serta penuh dengan suka cita merayakan kemenangan dari peperangan yang besar yaitu perang melawan hawa nafsu.

Ibadah puasa umat Muslim dengan penuh penghayatan, dapat menjadi wahana untuk membangun kesolehan social, yang diwujudkan dengan membantu fakir miskin. Puasa juga mengingatkan kita semua untuk menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan kesungguhan dalam membangun daerah dan bangsa, demi terciptanya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Setelah sebulan penuh umat Islam melaksanakan berbagai Amaliyah Ramadhan yang dibarengi dengan memperbanyak Tasbih dan Zikir, melipatgandakan Infag dan Sadaqah, termasuk membayar Zakat Fitrah. Maka di hari yang suci dan penuh kememangan ini kaum Muslimin dan Mulimat telah menjadi orang yang Muttaqin, Soleh dan Rahmani.

Kemenangan rohaniah ini yang sesungguhnya yang akan mengangkat harkat dan martabat manusia menjadi umat yang benar-benar bertagwa. Sikap inilah yang akan menjadi landasan kokoh guna membangun kesadaran moral dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dihari yang Fitri, hari yang penuh kesucian dan kedamaian ini, saya mengajak kaum Muslimin dan Muslimat bersama-sama memelihara dan memperteguh kedamaian dan kerukunan antar umat beragama. Mari kita bina Ukhuwah Islamiyah sekaligus Ukhuwah Wathoniah untuk membangun kedewasaan dan toleransi, saling menghargai dan menghormati antar umat beragama.

Selanjutnya melalui kesempatan yang baik ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengharapkan agar umat Muslim senantiasa menjadi Pilar Terdepan dalam mempertahankan Sulawesi Utara yang rukun, damai dan penuh toleransi. Biarlah semangat kebersamaan yang akan terus mempersatukan kita, untuk menunjang berbagai kebijakan dan program pemerintah demi terwujudnya Sulawesi Utara berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam pemerintahan dan politik, serta berkepribadian dalam budaya.

Demikian sambutan saya, perkenankan saya sekali lagi menyampaikan” Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah di tahun 2016 ini, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin.

Semoga Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang akan senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuknya kepada kita sekalian untuk membangun daerah dan bangsa tercinta.

Terima kasih, Wassalamullaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Gubernur Sulawesi Utara
Olly Dondokambey SE