2013 Pelebaran Ruas Jalan Manado-Tomohon

Ruas jalan Manado-TomohonRuas jalan Manado-Tomohon

Manado-Ini berita menggembirakan, pasalnya ruas jalan Manado-Tomohon dipastikan akan dilebarkan pada tahun 2013 mendatang. Kepastian itu dikatakan Gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) setelah melakukan konsultasi ke pemerintah pusat.

"Rencananya tahun depan pelebaran ruas jalan Tomohon-Manado akan dilakukan karena sudah tidak memenuhi syarat lagi," kata Gubernur saat memberikan sambutan dalam pengukuhun pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Sulawesi Utara di ruang Mapaluse, kantor gubernur, Jumat (27/01).

Bahkan ungkap SHS, Menteri PU justru menyarankan supaya dibangun jalan berupa terowongan menembus bukit dan gunung. Alasannya, kontur dan struktur jalan berkelok-kelok Manado-Tomohon sudah tidak efektif lagi.

Gubernur mencontohkan pelebaran ruas jalan di Kabupaten Bolaang Mongondouw, Kabupaten Bolaang Mongondouw Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondouw Utara, Provinsi Sulawesi Utara yang mulai dinikmati dampaknya oleh warga di kabupaten pemekaran tersebut.

“Akses jalan yang representatif akan menopang gerak laju pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di suatu daerah,”terangnya.

Gubernur menambahkan bersamaan dengan kegiatan pelebaran ruas jalan, pemerintah akan memerbaiki ruas jalan alternatif dari Desa Kali, Kecamatan Pileneng, Kabupaten Minahasa menuju Kelurahan Kinilow, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon serta jalan alternatif lainnya di Desa Kembes, Kecamatan Tombulu Kabupaten Minahasa yang menuju Desa Kali.

Gubernur menambahkan pula, program pembangunan infrastruktur termasuk ruas jalan di Sulawesi Utara akan menjadi perhatian dan didukung sepenuhnya pemerintah pusat dalam kurun waktu 10-20 tahun mendatang. Alasannya menurut gubernur, pemerintah pusat telah memasukkan Provinsi Sulawesi Utara dalam koridor IV Masterplan Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Seperti diketahui, ruas jalan Tomohon-Manado sekira 25 kilometer menjadi urat nadi penghubung transportasi barang dan manusia ke sejumlah wilayah di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara. Saat arus lalu lintas padat, sering terjadi kemacetan cukup panjang. Tidak sedikit juga peristiwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi di sepanjang ruas jalan ini.(Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.